Peran guru dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik : Penelitian Mixed Methods di kelas V-B SDN Saparako Kabupaten Bandung

Sonia, Nissa (2022) Peran guru dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik : Penelitian Mixed Methods di kelas V-B SDN Saparako Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmerataan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik di kelas V-B SDN Saparako. Ada siswa yang mempunyai keterampilan komunikasi yang baik hingga kurang. Untuk permasalahan seperti ini tentunya peran guru dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik sangat dibutuhkan. Maka peran guru pada pembelajaran tematik ini sangatlah sentral dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik di kelas V-B SDN Saparako, 2) Peran guru dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik di kelas V-B SDN Saparako, 3) Faktor penghambat dan faktor pendukung yang dihadapi oleh guru dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik di kelas V-B SDN Saparako. Dalam Penelitian ini menggunakan metode mixed methods (campuran) dengan strategi concurrent embedded (campuran tidak berimbang) yaitu strategi yang mengkombinasikan antara kualitatif dan kuantitatif secara bersamaan dengan salah satu pendekatan yang diutamakan dan yang pelengkap. Teknik pengumpulan data dengan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi/studi dokumen. Tahap penelitian diawali dengan studi pendahuluan, kemudian proses penelitian, hingga analisis data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis yaitu teknik analisis non statistics dan analisis statistics. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil: 1) keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik di kelas V-B SDN Saparako tergolong cukup. Hal ini terlihat dari hasil angket yang menunjukan bahwa keterampilan komunikasi siswa tergolong ke dalam kriteria atau kategori cukup dengan persentase 57,5% dengan frekuensi sebanyak 23 responden; 2) peran guru dalam menumbuhkan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik di kelas V-B SDN Saparako cukup baik, dimulai dari peran guru sebagai pengelola kelas, peran guru sebagai fasilitator dan peran guru sebagai komunikator sedangkan peran guru yang perlu dimaksimalkan kembali yaitu peran guru sebagai demonstator, peran guru sebagai mediator dan peran guru sebagai evaluator; 3) faktor penghambat yang dihadapi guru dalam menumbuhkan keterampilan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik di kelas V-B yaitu terganggunya konsentrasi siswa, siswa telat masuk kelas, siswa bernyanyi di kelas, hambatan proses penyampaian, hambatan fisik, hambatan semantik, dan hambatan psikososial sedangkan faktor pendukung yaitu komunikasi dengan siswa, komunikasi dengan orang tua siswa, berpikir positif, keterbukaan, dukungan, dan kesetaraan berkomunikasi dengan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Keterampilan Komunikasi Siswa; Pembelajaran Tematik
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nissa Sonia
Date Deposited: 18 Jul 2022 08:04
Last Modified: 18 Jul 2022 08:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/53405

Actions (login required)

View Item View Item