“Pengaruh Fixed Asset Turnover dan Debt to Equity Ratio terhadap Return On Equity (ROE) pada PT Semen Gresik (Persero) Tbk Tahun 2000- 2011

Nurhasanah, Nurhasanah (2013) “Pengaruh Fixed Asset Turnover dan Debt to Equity Ratio terhadap Return On Equity (ROE) pada PT Semen Gresik (Persero) Tbk Tahun 2000- 2011. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text (BAB I SD IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)

Abstract

Salah satu rasio keuangan yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas penjualan adalah Fixed Asset Turnover. Hal ini berdasarkan pada seberapa besar perusahaan menggunakan sumber dana internal dan eksternal serta berapa besarnya proporsi masing-masing sumber dana tersebut sebagai pembiayaan operasi perusahaan yang tercermin dalam Debt to Equity Ratio. Baik buruknya pengelolaan Fixed Asset Tutnover dan Debt to Equity Ratio akan mempengaruhi laba perusahaan. Laba tersebut dapat dianalisis dengan menggunakan rasio profitabilitas yaitu rasio Return On Equity (ROE). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh fixed asset turnover dan debt to equity ratio terhadap Return On Equity (ROE) pada PT Semen Gresik (Persero) Tbk. Penelitian ini diamati secara time-series, dengan menggunakan data periode tahun 2000 sampai dengan tahun 2011. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan publikasi Indonesian Capital Market Directory (ICMD) tahun 2000-2011. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda,uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Sedangkan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara simultan dengan level of significance 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial tidak semua variabel independen berpengaruh pada variabel dependen . Hasil uji-t menunjukkan bahwa variabel fixed asset turnover tidak berpengaruh terhadap ROE dengan nilai thitung sebesar 1,241 dengan taraf signifikansi 0,246 (>0,05), sedangkan variabel debt to equity ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROE dengan nilai thitung sebesar 2,817 denga taraf signifikansi 0,020 (<0,05). Secara simultan , hasil Uji F menunjukkan bahwa semua variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dengan Fhitung sebesar 18,348 dengan taraf sinifikasi 0,001(<0,05). Dengan angka koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 0,803 yang berarti bahwa kemampuan model regresi untuk memprediksi adalah sebesar 80,3%. Kata Kunci : Fixed Asset Turnover, Debt to Equity Ratio dan Return On Equity (ROE)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fixed Asset Turnover, Debt to Equity Ratio dan Return On Equity (ROE)
Subjects: Political dan Government Science
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: guriang akbar guriangakbar
Date Deposited: 22 Feb 2016 06:38
Last Modified: 26 Feb 2016 08:45
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item View Item