Pengaruh rasio lancar dan perputaran Aktiva tetap terhadap Profitabilitas: Studi pada Industri Semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2003-2012

Utami, Rika Dewi Putri (2013) Pengaruh rasio lancar dan perputaran Aktiva tetap terhadap Profitabilitas: Studi pada Industri Semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2003-2012. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)

Abstract

Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan aktiva-aktiva yang dimilikinya secara produktif. Rasio lancar yang tinggi maka akan menurunkan tingkat profitabilitas yang diperoleh perusahaan, tetapi pada tahun 2005 sampai dengan tahun 2007 dan tahun 2009 terjadi kenaikan tingkat rasio lancar yang diikuti dengan kenaikan pada tingkat profitabilitas yang diukur dengan ROI. Perputaran aktiva tetap yang cepat maka akan meningkat profitabilitas perusahaan, tetapi terlihat pada tahun 2004 dan tahun 2011 yang menunjukkan kenaikan perputaran aktiva tetap yang tidak diikuti dengan kenaikan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh rasio lancar terhadap profitabilitas, seberapa besar pengaruh perputaran aktiva tetap terhadap profitabilitas, dan seberapa besar pengaruh rasio lancar dan perputaran aktiva tetap terhadap profitabilitas secara simultan pada industri semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2003-2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan data time series. Metode deskriptif yang digunakan bertujuan untuk menggambarkan atau menganalisis data mengenai rasio lancar, perputaran aktiva tetap dan profitabilitas pada industri semen, sedangkan metode verifikatif bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio lancar dan perputaran aktiva tetap terhadap profitabilitas. Populasi pada penelitian ini adalah industri semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2003–2012. Di Indonesia industri semen yang telah go public terdiri dari tiga perusahaan. Sampel dari penelitian ini adalah semua perusahaan semen yang telah go public, yaitu PT. Holcim Indonesia Tbk, PT. Indocement Tunggal Prakasa Tbk, dan PT. Semen Gresik Tbk. Untuk mengetahui pengaruh rasio lancar dan perputaran aktiva tetap terhadap profitabilitas secara parsial maka menggunakan analisis regresi linear sederhana, korelasi, koefisien determinasi dan uji t dengan level of significance sebesar 0,05. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh rasio lancar dan perputaran aktiva tetap terhadap profitabilitas secara simultan maka menggunakan analisis regresi linear berganda, korelasi ganda, koefisien determinasi dan uji F dengan level of significance sebesar 0,05. Berdasarkan hasil pengolahan data, menunjukkan bahwa variabel rasio lancar berpengaruh positif terhadap profitabilitas sebesar 61.1%, perputaran aktiva tetap berpengaruh positif terhadap profitabilitas sebesar 58%, rasio lancar dan perputaran aktiva tetap berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas sebesar 89.8%. Sehingga rasio lancar dan perputaran aktiva tetap berpengaruh positif terhadap profitabilitas baik secara parsial maupun simultan pada sektor industri semen yang terdaftar di BEI periode tahun 2003-2012.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: profitabilitas;bursa efek Indonesia;
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2016 07:04
Last Modified: 24 Jul 2019 01:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item View Item