Pengaruh Perputaran Piutang dan Perputaran Aktiva Tetap terhadap Return On Sales (ROS) (Studi Kasus pada Industri Pharmaceuticals yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2002-2011)

Widy Abdurohim, Widy (2013) Pengaruh Perputaran Piutang dan Perputaran Aktiva Tetap terhadap Return On Sales (ROS) (Studi Kasus pada Industri Pharmaceuticals yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2002-2011). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari perputaran piutang dan perputaran aktiva tetap terhadap Return On Sales (ROS) baik secara parsial maupun secara simultan (bersama-sama). Karena tujuan perusahaan adalah mempertahankan kelangsungan hidupnya (Going Concern) serta pencapaian laba yang maksimal. Perusahaan dapat menggunakan rasio Retun On Sales sebagai indikator mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba atas penjualannya dengan menunjukan keefisienan perusahaan dalam mengelola penjualannya. Penelitian ini dilakukan pada satu sub industri, yaitu industri Farmasi (Pharmaceuticals) periode 2002-2011. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh secara historis, laporan keuangan yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia. Periodisasi data menggunakan data laporan keuangan publikasi tahunan periode 31 Desember 2002 hingga 31 Desember 2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, asosiatif dan Verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yang menggambarkan analisis suatu hasil kemudian menguji hipotesis dari data dan fakta. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda untuk memperoleh gambaran mengenai hubugan antara variable independent dengan variable dependent. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel perputaran piutang tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Sales (ROS) dan variabel perputaran aktiva tetap tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Sales (ROS) meskipun masih memiliki hubungan yang kuat atau yang disebut dengan corelations. Kemudian secara simultan variabel perputaran piutang dan variabel perputaran aktiva tetap mempunyai pengaruh signifikan yang bernilai positif dengan hasil analisis koefisien determinasi (R2) menunjukan angka 0,715 atau 71,50%, sedangkan sisanya sebesar 28,50% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model ini. Sehingga dapat disimpulkan pengaruh secara simultan variabel perputaran piutang dan variabel perputaran aktiva tetap mempunyai pengaruh signifikan yang bernilai positif terhadap Return On Sales (ROS) Kata Kunci: Perputaran Piutang, Perputaran Aktiva tetap, Return On Sales (ROS)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perputaran Piutang, Perputaran Aktiva tetap, Return On Sales (ROS)
Subjects: Political dan Government Science
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: guriang akbar guriangakbar
Date Deposited: 22 Feb 2016 08:26
Last Modified: 26 Feb 2016 09:13
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/546

Actions (login required)

View Item View Item