Pengaruh perputaran persediaan dan perputaran kas terhadap Return On Assets (ROA) pada PT Kalbe Farma Tbk Tahun 2001-2011

Inayatullah, Inayatullah (2013) Pengaruh perputaran persediaan dan perputaran kas terhadap Return On Assets (ROA) pada PT Kalbe Farma Tbk Tahun 2001-2011. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)

Abstract

Perputaran Persediaan dan Perputaran Kas merupakan bagian dari modal kerja yang sangat penting dalam perusahaan. Adapun salah satu tujuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba atau profit. Perputaran Persediaan dan Perputaran Kas termasuk indikator dari aktiva lancar yang mendukung kegiatan operasional suatu perusahaan. Semakin tinggi tingkat perputaran kas dan persediaan menunjukkan tingginya volume penjualan yang dicapai oleh perusahaan, dan laba yang diterima akan menjadi banyak jumlahnya. Berdasarkan data dari Bursa Efek Indonesia diketahui salah satu perusahaan industri farmasi yaitu PT Kalbe Farma Tbk periode 2001-2011 mengalami fluktuatif ketika perputaran persediaan dan perputaran kas mengalami peningkatan maka akan berpengaruh terhadap return on assets yang didapat. Namun terdapat tahun yang mengalami penurunan terhadap return on assets nya. Adanya fenomena tersebut serta hasil penelitian terdahulu yang tidak konsisten, menarik peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui dan membuktikan secara empiris pengaruh perputaran persediaan dan perputaran kas terhadap Return On Assets (ROA) pada PT Kalbe Farma Tbk, serta mengetahui mana di antara perputaran persediaan dan perputaran kas yang berpengaruh dominan terhadap Return On Assets (ROA). Dari hasil penelitian menujukkan secara parsial atau uji t variabel perputaran persediaan yang didapat sebesar 0,278 > 0,05 dari taraf signifikan dan dan hasil -thitung > -ttabel atau -1,164 > -2,228 maka Ho diterima dan Ha ditolak, bahwa perputaran persediaan tidak berpengaruh signifikan terhadap return on assets. Pada variabel perputaran kas hasil yang didapat sebesar 0,005 < 0,05 dari taraf signifikan dan hasil -thitung < -ttabel, yakni -3,857 < -2,228 maka Ho ditolak dan Ha diterima, bahwa perputaran kas berpengaruh terhadap return on sssets. Selanjutnya perputaran persediaan dan perputaran kas terhadap return on assets secara simultan atau uji F hasil yang didapat sebesar 0,015 < 0,05 bahwa perputaran persediaan dan perputaran kas berpengaruh signifikam terhadap return on assets pada PT Kalbe FarmaTbk. Sedangkan hasil dari koefisien determinasi menunjukkan bahwa return on assets dipengaruhi oleh perputaran persediaan dan perputaran kas sebesar 650 atau 65% , maka hubungan tersebut adalah kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perputaran Kas; Perputaran Persediaan; Return On Assets (ROA);
Subjects: Political dan Government Science
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2016 09:09
Last Modified: 13 Aug 2019 06:59
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item