Komunikasi antarumat beragama di lingkungan masyarakat kampung toleransi: Penelitian di kampung toleransi kecamatan Andir kota Bandung

Arti, Prima (2022) Komunikasi antarumat beragama di lingkungan masyarakat kampung toleransi: Penelitian di kampung toleransi kecamatan Andir kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy

Abstract

Kemajemukan umumnya memiliki potensi masalah yang besar. Maka menjadi sebuah keistimewaan jika suatu lingkungan yang majemuk bisa hidup toleran. Hal ini terlihat nyata pada masyarakat Kampung Toleransi, Kecamatan Andir. Nilai-nilai toleransi telah dimiliki warga antarumat beragamanya sejak dahulu hingga dinobatkan menjadi Kampung Toleransi pada 12 November 2019 oleh pemerintah kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman komunikasi warga antarumat beragama di Kampung Toleransi, menganalisis konsep diri para warganya, mengidentifikasikan interaksi sosial yang terjadi, dan mengetahui faktor-faktor yang melandasi mereka untuk hidup toleran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hal ini disebabkan penelitian yang dilakukan berada pada kondisi yang alamiah dan datanya dipaparkan secara deskriptif. Teori yang digunakan adalah interaksi simbolik dari George Herbert Mead, teori komunikasi antarbudaya, dan teori tasamuh dalam Islam. Interaksi simbolik dari George Herbert Mead menekankan pada tiga hal yaitu pikiran, diri, dan masyarakat. Hasil penelitian ini, yakni: pertama; Komunikasi warga antarumat beragama mengandung nilai toleransi. Mereka mau belajar dan menggunakan bahasa Sunda dan bahasa indonesia untuk berkomunikasi dengan warga lainnya. Kedua; Konsep diri pada konsep I, warga mau saling membantu dengan antarumat beragama lainnya. Sedangkan untuk konsep Me, mereka semua sama-sama berprinsip untuk saling menghormati. Ketiga; Interaksi sosial antarumat beragama bersifat aktif. Keempat; Faktor yang mendasari mereka bersikap toleran ada tiga hal tiga hal yaitu keterbiasaan hidup majemuk sejak kecil, telah merasakan manfaat dari hidup toleran, dan prinsip pribadi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi; Konsep Diri; Interaksi; Toleran
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Groups > Religious Groups
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: M. Sos Prima Arti
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:06
Last Modified: 22 Aug 2022 03:06
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/55108

Actions (login required)

View Item View Item