Pengaruh Price Earning Ratio (PER) dan Return On Investment (ROI) terhadap Return Saham Pada PT Mayora Indah Tbk Periode Tahun 2000-2011

Amaliyah, Siti Maya (2013) Pengaruh Price Earning Ratio (PER) dan Return On Investment (ROI) terhadap Return Saham Pada PT Mayora Indah Tbk Periode Tahun 2000-2011. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)

Abstract

Perubahan harga saham di pasar modal sangat menarik karena akan menentukan investor dalam hal pendapatan investasi (return) dari perubahan harga efek yang berupa gain dan lose. Pasar modal dikatakan memiliki fungsi keuangan karena pasar modal memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh return bagi pemilik dana sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih. Penilaian terhadap investasi saham dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan mengunakan analisis teknikal maupun fundamental. Salah satu metode dari analisis fundamental adalah dengan menggunakan Price Earning Ratio (PER), karena dapat memperkirakan tingkat pertumbuhan laba perusahaan dan kebijakan dividen perusahaan. Selain itu rasio Profitabilitas yaitu Return On Investment (ROI) juga dapat digunakan investor sebagai alat ukur untuk mengetahui perusahaan-perusahaan mana saja yang memiliki persentase laba yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa besarnya pengaruh Price Earning Ratio (PER) dan Return On Investment (ROI) terhadap Return Saham pada PT Mayora Indah Tbk. penelitian ini diamati secara time-series, dengan menggunakan data periode tahun 2000 sampai dengan tahun 2011. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu variabel dependen dan dua variabel independen. Adapun variable dependennya adalah Return Saham, dan variabel independennya adalah Price Earning Ratio (PER) dan Return On Investment (ROI). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh berdasarkan publikasi Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dan www.idx.co.id . Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji-t dan Uji F dengan signifikansi (α) 5%. Penganalisaan data menggunakan software pengolahan data statistik yaitu SPSS Statistics Version 20 for windows. Hasil uji secara parsial menunjukan bahwa tidak semua variabel independen berpengaruh pada variabel dependen. Hasil Uji-t menunjukan bahwa variabel PER tidak berpengaruh terhadap return Saham (Sig 0.593>0.05), sedangkan variabel ROI berpengaruh secara signifikan terhadap return saham (Sig 0.026<0.05). secara simultan, hasil Uji F menunjukan bahwa semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap return saham (Sig 0.048<0.05). dengan angka koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 0.492 yang berarti bahwa kemampuan model regresi untuk memprediksi adalah sebesar 49.2%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Price Earning Ratio (PER); Return On Investment (ROI); Return Saham
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2016 01:34
Last Modified: 12 Jul 2019 07:54
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item