Komunikasi kepala Madrasah hubungannya dengan kinerja tenaga kependidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Indramayu

Mahmudah, Rif'atul (2022) Komunikasi kepala Madrasah hubungannya dengan kinerja tenaga kependidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Indramayu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Kepala Madrasah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya melakukan komunikasi dengan seluruh warga sekolah untuk mengajak, memberikan perintah, mengatur, memberikan dorongan dan menciptakan pengertian dari orang yang dipimpinnya. Dengan demikian, komunikasi Kepala Madrasah yang efektif memegang peranan penting dalam mengkoordinasikan semua komponen yang terdapat di madrasah termasuk tenaga kependidikan yang nantinya juga dapat meningkatkan kinerja tenaga kependidikan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui komunikasi Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Indramayu; (2) Mengidentifikasi kinerja tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Indramayu; (3) Membuktikan hubungan komunikasi Kepala Madrasah dengan kinerja tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Indramayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode korelasional. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket dengan model skala likert yang terdiri dari lima jawaban pilihan kepada 39 responden. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis indikator, uji prasayarat analisis (uji normalitas dan uji linieritas), serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komunikasi Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Indramayu berada pada kategori tinggi berdasarkan hasil pengolahan data dari penyebaran kuesioner kepada 39 tenaga kependidikan yaitu sebesar 4,07. (2) Kinerja tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Indramayu berada pada kategori tinggi berdasarkan hasil pengolahan data dari penyebaran kuesioner kepada 39 tenaga kependidikan yaitu sebesar 4,14. (3) Hubungan komunikasi Kepala Madrasah dengan kinerja tenaga kependidikan menurut hasil uji korelasi, mendapatkan nilai 0,001 < 0,05 yang menunjukan bahwa adanya korelasi atau hubungan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,500 dan termasuk kategori sedang. Hubungan antara komunikasi kepala madrsah dengan kinerja tenaga kependidikan mengarah pada sifat positif dengan melihat pearson correlation 0,500 tidak memiliki tanda negatif (-). Disamping itu, didapatkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,250, yang berarti kontribusi komunikasi Kepala Madrasah terhadap kinerja tenaga kependidikan sebesar 25%. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa Ho: ditolak dan Ha: diterima, hal ini memberikan arti bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi Kepala Madrasah dengan kinerja tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Indramayu. Jika komunikasi Kepala Madrasah semakin baik maka akan semakin baik pula kinerja tenaga kependidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Kepala Madrasah; Kinerja Tenaga Kependidikan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Education
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rif'atul Mahmudah
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:31
Last Modified: 31 Aug 2022 02:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/55338

Actions (login required)

View Item View Item