Pengaruh rasio Likuiditas dan rasio Solvabilitas terhadap Price Earning Ratio saham pada PT Astra International Tbk periode tahun 2000-2012

Yulifah, Siti (2013) Pengaruh rasio Likuiditas dan rasio Solvabilitas terhadap Price Earning Ratio saham pada PT Astra International Tbk periode tahun 2000-2012. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Salah satu jenis rasio keuangan yang digunakan oleh investor untuk menilai harga saham suatu perusahaan adalah melalui pendekatan Price Earning Ratio.Rasio ini didasarkan pada kinerja perusahaan karena mencerminkan harga saham dengan earning per share yang didapatkan sekaligus. Besar kecilnya kedua komponen tersebut dipengaruhi oleh besarnya laba yang dilaporkan oleh perusahaan. Salah satu yang mempengaruhi besarnya laba perusahaan adalah hutang. Adanya hutang dapat mengurangi beban pajak perusahaan karena tedapat beban tetap berupa bunga yang berdampak pada besar kecilnya laba yang dihasilkan perusahaan . Hutang tersebut dapat dianalisis dengan menggunakan rasio likuiditas dan rasio solvabilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh rasio likuiditas dan rasio solvabilitas terhadap Price earning ratio saham pada PT Astra International Tbk. Penelitian ini diamati secara time-series, dengan menggunakan data periode tahun 2000 sampai dengan tahun 2012. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu variabel dependen dan dua variabel independen. Adapun variabel dependennya adalah price earning ratio saham, dan variabel independennya adalah rasio likuiditas dengan menggunakan Current Ratio dan rasio solvabilitas dengan menggunakan Debt to Equity Ratio. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-analitis-verikatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh berdasarkan publikasi Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dan www.idx.co.id. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji–t dan Uji F dengan signifikansi (α) 5%. Penganalisaan data menggunakan software pengolahan data statistik yaitu IBM SPSS Statistics Version 20. Hasil uji secara parsial menunjukkan bahwa tidak semua variabel independen berpengaruh pada variabel dependen . Hasil uji-t menunjukkan bahwa variabel rasio likuiditas tidak berpengaruh terhadap price earning ratio saham (sig 0,761>0,05), sedangkan variabel rasio solvabilitas tidak berpengaruh positif namun berpengaruh negatif signifikan terhadap price earning ratio saham (sig 0,003<0,05). Secara simultan , hasil Uji F menunjukkan bahwa semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap price earning ratio saham (sig 0,004<0,05). Dengan angka koefisien determinasi yang dihasilkan sebesar 0,667 yang berarti bahwa kemampuan model regresi untuk memprediksi adalah sebesar 66,7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rasio Likuiditas (Current Ratio); Rasio Solvabilitas (Debt to Equity Ratio); Price Earning Ratio
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2016 03:44
Last Modified: 11 Jul 2019 06:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/557

Actions (login required)

View Item View Item