Pengaruh Perputaran Persediaan dan Perputaran Piutang terhadap Return On Investment (Studi pada Industri Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2002-2011)

Eries Danirawati, Eries (2013) Pengaruh Perputaran Persediaan dan Perputaran Piutang terhadap Return On Investment (Studi pada Industri Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2002-2011). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (BAB I SD IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan perekonomian, perusahaan berusaha untuk mengembangkan dan meningkatkan usahanya dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidupnya serta untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu memaksimalisasikan nilai perusahaan bagi pemiliknya. Untuk itu, ditengah pasar yang semakin kompetitif perusahaan harus mampu untuk memanfaatkan dana yang dimilikinya secara efektif dan efisien. Dana yang dimiliki perusahaan dapat digunakan untuk investasi, salah satunya adalah investasi kedalam persediaan. Dengan menginvestasikan dana ke dalam persediaan maka perusahaan akan memperoleh manfaat dari investasi tersebut. Selain itu perusahaan juga berusaha untuk meningkatkan volume penjualannya agar dapat tetap bertahan ditengah ketatnya persaingan saat ini, sehingga perusahaan perlu melakukan strategi penjualan secara kredit. Namun, konsekuensi dari kebijakan tersebut dapat menimbulkan peningkatan jumlah piutang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran pengaruh perputaran persediaan dan perputaran piutang terhadap return on investment pada industri Otomotif dan Komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2002-2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif. Dengan variabel bebas yaitu perputaran persediaan dan perputaran piutang serta satu variabel terikat yaitu return on investment. Jenis data yaitu data sekunder berupa laporan keuangan yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2002-2011. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh 10 perusahaan sebagai sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perputaran persediaan (inventory turnover) secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap return on investment. Variabel perutaran piutang (receivable turnover) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap return on investment. Hasil secara simultan dengan uji F menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu perputaran persediaan dan perputaran piutang berpengaruh positif dan signifikan tehadap return on investment. Nilai R square sebesar 0,736 yang menunjukkan bahwa 73,6% ROI dapat dijelaskan oleh variabel independen perputaran persediaan dan perputaran piutang. Sedangkan sisanya sebesar 26,4% dijelaskan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: persediaan,piutang, bursa efek
Subjects: Political dan Government Science
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: guriang akbar guriangakbar
Date Deposited: 23 Feb 2016 02:37
Last Modified: 26 Feb 2016 06:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item View Item