Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Persediaan terhadap Return on Assets (ROA) (Studi pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 1999 – 2011)

Anggi Nurfaisa R., Anggi (2013) Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Persediaan terhadap Return on Assets (ROA) (Studi pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 1999 – 2011). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I SD IV)
4_bab1sd4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Profitabilitas setiap perusahaan dipengaruhi oleh berbagai faktor keuangan yang dapat diukur dengan menggunakan rasio keuangan khususnya rasio aktivitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel independen yaitu Perputaran Kas dan Perputaran Persediaan memiliki pengaruh baik secara parsial dan simultan terhadap variabel dependen yaitu profitabilitas perusahaan yang diukur dengan menggunakan Return On Assets (ROA). Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yaitu PT Indofood Sukses Makmur Tbk periode tahun 1999 sampai dengan 2011. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berbentuk laporan keuangan yang bersumber dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan metode pengumpulan data menggunakan cara non participant observation. Adapun perhitungan dalam mngolah data ini menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda, korelasi, serta koefisien determinasi yang dibantu dengan program SPSS Versi 20. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi sederhana yaitu Y= 0,078-0,003X1 dan Y=0,257-0,028X2, sedangkan persamaan regresi berganda yaitu Y =0,247-0,002X1-0,024X2 dengan koefisien determinasi secara parsial masing-masing sebesar 35,4% dan 49.2%, sedangkan secara simultan sebesar 67,5%. Selanjutnya berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial (Uji-t) dan simultan (Uji-F), maka didapatkan hasil yaitu Perputaran Kas dan Perputaran Persediaan secara parsial terdapat pengaruh negatif signifikan terhadap Return On Assets (ROA), sedangkan secara simultan terdapat pengaruh positif signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Kata kunci : Perputaran Kas, Perputaran Persediaan, Return On Assets (ROA)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perputaran Kas, Perputaran Persediaan, Return On Assets (ROA)
Subjects: Political dan Government Science
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: guriang akbar guriangakbar
Date Deposited: 23 Feb 2016 02:59
Last Modified: 26 Feb 2016 03:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item