Respon Remaja Islam terhadap Pengajian Mingguan : Penelitian di Masjid Miftahul Hidayah Kampung Cibolang, Desa Mekarbakti, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut

Halim, Abdul (2017) Respon Remaja Islam terhadap Pengajian Mingguan : Penelitian di Masjid Miftahul Hidayah Kampung Cibolang, Desa Mekarbakti, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_caver.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)

Abstract

Pengajian merupakan salah satu bentuk kegiatan dari dakwah atau tabligh, karena di dalam pengajian itu tidak lepas dari penyampaian ajaran Islam. Pengajian boleh diikuti oleh semua kalangan seperti bapak-bapak, ibu-ibu, remaja ataupun anak-anak. Remaja itu merupakan generasi penerus yang harus di bimbing agar bisa menjadi penerus bangsa ini, masa depan dan maju mundurnya suatu negara berada di generasi muda. Di lingkungan Kampung Cibolang, Desa Mekarbakti, khususnya terjadi penyimpangan dikalangan remaja seperti tauran, pemerkosaan, mabuk-mabukan dan perilaku kriminal lainnya. Untuk mengantisipasi penurunan kualitas keagamaan dan moral remaja yang terjadi saat ini maka diperlukan dakwah Islamiyyah seperti pengajian mingguan. Salah satu kelompok remaja yang memiliki peran penting dalam penyiaran dakwah yaitu Forum Remaja Islam (FORMIS) melaksanakan pengajian mingguan setiap hari Jum’at. Adapun tujuan dalam penelitian ini yang pertama yaitu untuk mengetahui perhatian remaja Islam terhadap pengajian mingguan di Masjid Miftahul Hidayah. Kedua untuk mengetahui pemahaman remaja Islam terhadap pengajian mingguan di Masjid Miftahul Hidayah. Ketiga untuk mengetahui penerimaan remaja Islam terhadap materi yang telah disampaikan dalam pengajian mingguan di Masjid Miftahul Hidayah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif yaitu dengan melakukan studi penelitian atas respon remaja Islam terhadap pengajian mingguan. Dengan analisa statistik, penulis mengolah data-data angka yang didapat dari 50 responden, sehingga dapat diketahui besar atau tidaknya respon remaja Islam terhadap pengajian mingguan di Masjid Miftahul Hidayah, Kampung Cibolang, Desa Mekarbakti, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Perhatian remaja terhadap pengajian mingguan hampir seluruhnya memiliki perhatian yg positif sebesar 95.20%. Pemahaman remaja terhadap pengajian mingguan sebagian besar memiliki pemahaman yang positif sebesar 84.00%. Penerimaan remaja terhadap pengajian mingguan hampir seluruhnya memiliki penerimaan yang positif sebesar 90.40%. Berdasarkan hasil analisis data, maka didapatkan korelasi antara variabel respon remaja (X) terhadap pengajian mingguan (Y) sebesar 0.6982. Koefisien korelasi tersebut termasuk kategori korelasi sempurna karena terletak pada interval antara 0.60-0.79 yang memiliki tingkat hubungan “kuat”. Lalu terdapat nilai thitung sebesar 2.7584 dan ttabel dengan tingkat kepercayaan 5% sebesar 2.0106, berdasarkan perhitungan tersebut thitung > ttabel maka tolak H0 dan terima H1. Selanjutnya didapatkan koefisien determinasi sebesar 48.75% sedangkan sisanya atau epsilon sebesar 51.25%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Remaja; Pengajian, Masjid; Miftahul Hidayah; Garut
Subjects: Islam > Mosques
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 25 Jan 2018 03:00
Last Modified: 25 Jan 2018 03:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5622

Actions (login required)

View Item View Item