Pengaruh current ratio dan perputaran persediaan terhadap Return On Asset (ROA): Studi pada PT Intraco Penta Tbk Tahun 2002-2011

Firdaus, Devi (2013) Pengaruh current ratio dan perputaran persediaan terhadap Return On Asset (ROA): Studi pada PT Intraco Penta Tbk Tahun 2002-2011. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Profitabilitas perusahaan dipengaruhi oleh beberapa faktor keuangan yang dapat diukur dengan menggunakan rasio keuangan seperti rasio likuiditas dan rasio aktivitas. Rasio likuiditas di wakili oleh Current Ratio dan rasio aktivitas di wakili oleh perputaran persediaan. Manager keuangan harus dapat mengontrol tingkat Current Ratio supaya tidak terlalu besar maupun terlalu kecil agar dapat menguntungkan bagi perusahaan, serta harus menentukan besaran investasi pada persediaan agar kegiatan perusahaan menjadi efisien dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel Current Ratio dan perputaran persediaan berpangaruh terhadap variabel dependen yaitu profitabilitas perusahaan yang diukur dengan menggunakan Return On Asset (ROA) baik secara parsial maupun secara simultan. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yaitu PT Intraco Penta Tbk periode tahun 2002 sampai dengan 2011. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berbentuk laporan keuangan yang bersumber dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun perhitungan dalam mengolah data determinasi yang dibantu dengan program spss versi 20. Hasil penelitian ini adalah diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y= 0,022 - 0,010X1 + 0,008X2 dengan koefisien determinasi secara simultan sebesar 67,7%. Selanjutnya berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial (Uji-t) dan simultan (Uji-F), maka didapatkan hasil yaitu Current Ratio dan perputaran persediaan secara parsial terdapat hubungan negatif dan positif signifikan terhadap Return On Asset (ROA), sedangkan secara simultan terdapat pengaruh positif signifikan terhadap Return On Asset (ROA).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Perputaran Persediaan; Return On Asset (ROA);
Subjects: Administration of Economy > Administration of Industries
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2016 03:06
Last Modified: 25 Jun 2019 08:11
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item