Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Persediaan terhadap Tingkat Pengembalian Aset (ROA) pada PT. Semen Gresik Tbk Periode 1999-2013

Muhamad Sopani, Muhamad ((1210802084) (2014) Pengaruh Perputaran Kas dan Perputaran Persediaan terhadap Tingkat Pengembalian Aset (ROA) pada PT. Semen Gresik Tbk Periode 1999-2013. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan yaitu ketidak sesuaian antara teori dengan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, serta dilihat dari fakta-fakta yang ada dilapangan yang dapat dilihat dari laporan keuangan yang ada, keberlangsungan hidup perusahaan merupakan poin penting dan salah satu upaya dalam menjalankan suatu perusahaan untuk menentukan eksistensi dan masa depan perusahaan, sehingga dapat tetap beroperasi dalam jangka waktu kedepan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel independen yaitu Perputaran Kas dan Perputaran persediaan terhadap Tingkat Pengembalian Aset (ROA) pada PT. Semen Gresik Tbk. Penelitian ini dilakukan karena masih terdapat perbedaan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dan menguji teori-teori yang berhubungan dengan variabel penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang dianalisis berdasarkan data runtutan waktu (time serries). Sumber data yang digunakan berupa data sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa penelitian perpustakaan dan riset internet. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh yaitu dari tahun 1999-2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis korelasi, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis yang terdiri dari pengujian secara parsial (uji-t), pengujian secara simultan (uji-f), dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa Perputaran Kas dan Perputaran Persediaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Pengembalian Aset (ROA). Hal ini dilihat dari hasil uji-f diperoleh Fhitung > Ftabel (18,142 > 3,885) dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05) maka Hipotesis 3 diterima. Pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 75,2% yang ditunjukan oleh hasil dari koefisien determinasi (R2) sebesar 0,752. Sedangkan sisanya sebesar 24,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perputaran Kas, Perputaran Persediaan dan Tingkat Pengembalian Aset (ROA)
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Accounting for Specific Phases of Business Activity
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2016 04:08
Last Modified: 28 Mar 2016 03:58
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item