Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Loan to deposit Ratio (LDR) terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Periode 2000-2012.

Dede Setiawan, Dede (1210802029) (2014) Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Loan to deposit Ratio (LDR) terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Periode 2000-2012. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)

Abstract

Latar belakang penelitiaan ini adalah hasil yang tidak konsisten mengenai CAR, LDR dan ROA untuk waktu dan tempat yang berbeda, bahkan di antaranya kontradiktif terhadap yang lain. kemudian didukung adanya fenomena gap data sampel, di dalam nilai ROA mengalami perubahan yang cukup fluktuatif yang mungkin secara tidak langsung dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CAR dan LDR terhadap ROA pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data yang diperoleh dari laporan keuangan selama 13 tahun sejak tahun 2000-2012. Pengujian hipotesis dengan menggunakan UJi t, Uji F dan R2. ROA adalah rasio yang dapat menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dengan aktiva yang dimilikinya. Dengan semakin meningkatnya profitabilitas (ROA), maka bank akan mampu mengembangkan usaha serta menghadapi persaingan usaha, sedangkan rasio CAR yang memperlihatkan seberapa jauh seluruh aktiva bank yang mengandung risiko (kredit, penyertaan, surat berharga, tagihan pada bank lain), Semakin tinggi nilai CAR mengindikasikan bahwa bank telah mempunyai modal yang cukup baik dalam menunjang kebutuhannya serta menanggung risiko-risiko yang ditimbulkan termasuk didalamnya risiko kredit. dan yang menunjukkan seberapa likuid suatu bank adalah rasio LDR, semakin tinggi tingkat LDR maka semakin illikuid suatu bank. Dalam keadaan illikuid, bank akan kesulitan untuk memenuhi kewajiban-kewajiban jangka pendeknya, seperti adanya penarikan tiba-tiba oleh nasabah terhadap simpanannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial CAR berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan tingkat signifikan sebesar 0,018, dan LDR secara parsial berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa CAR dan LDR berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan tingkat signifikan 0,000. Hasil koefisien determinasi (R2) 0,839. Nilai 83,9% ini menunjukan pengaruh CAR dan LDR terhadap ROA, sedangkan sisanya 16,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Return On Asset (ROA)
Subjects: General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2016 04:29
Last Modified: 25 Feb 2016 11:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item