Analisis Framing pemberitaan banjir di Kota Bandung : Studi pemberitaan pada media online Ayobandung.com edisi November 2021

Pasha, Lusyana (2022) Analisis Framing pemberitaan banjir di Kota Bandung : Studi pemberitaan pada media online Ayobandung.com edisi November 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena banjir itu ternyata telah menyita sejumlah perhatian publik, yang mana bencana banjir sudah menjadi bencana musiman setiap tahunnya. Pemberitaan bencana banjir ialah sesuatu hal yang menarik untuk diteliti, dikarenakan penulisan berita mengenai bencana banjir pada media pastinya dilakukan dengan berbeda-beda. Pemberitaan banjir tentunya menarik sekali untuk menjadikan berita yang dikemas oleh Ayobandung.com guna menjabarkan konstruksi informasi mengenai banjir di Kota Bandung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Define Problems (Pendefinisian Masalah), Diagnose Causes (Penyebab Masalah), Make Moral Judgement (Membuat Keputusan moral) dan Treatment Recommendation (Menekankan Penyelesaian) berita bencana banjir di Kota Bandung pada media online Ayobandung.com. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori analisis framing Robert N. Entman dengan menggunakan teknik dokumentasi dari naskah berita yang dimuat oleh media online Ayobandung.com tentang banjir di Kota Bandung edisi November 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, paradigma konstruktivisme dengan metode yang digunakan yaitu framing. Metode analisis yang dipakai yaitu analisis framing model Robert N. Entman. Berdasarkan beberapa hasil temuan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa media online Ayobandung.com dalam melakukan framing terkait dengan pemberitaan banjir di Kota Bandung edisi bulan November 2021 itu lebih menekankan bahwa bencana banjir itu merupakan salah satu penyebab masalah kota atau bisa juga disebut sebagai suatu peristiwa yang bersifat human eror yang disebabkan karena dua faktor, yakni curah hujan yang tinggi sehingga drainase yang tidak dapat menampung derasnya air dan yang kedua dikarenakan crane pengangkut sampah yang sudah lama tidak berfungsi. Oleh karena itu, dalam menghadapi posisi seperti ini media online Ayobandung.com selalu menyuarakan akan pentingnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam mengantisipasi bahaya banjir, dan beberapa aspek diantaranya adalah merekomendasikan agar pemerintah daerah mempersiapkan kolam retensi sebagai sarana pembuangan untuk masalah banjir diwilayah Bandung Raya. Sarannya yaitu ketika menghadapi berita-berita tentang banjir yang disampaikan oleh berbagai media itu harus lebih pintar atau bijak, serta dalam proses penyajian dan pemberitaan itu harus tetap mempertimbangkan aspek-aspek objektif, aspek etika, aspek independensi dan lain sebagainya. Oleh karena itu, terbuka ruang untuk mengkaji tentang yang lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing; Banjir; Pembingkaian Berita
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Lusyana Pasha
Date Deposited: 20 Sep 2022 06:32
Last Modified: 20 Sep 2022 06:32
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57489

Actions (login required)

View Item View Item