Penggunaan model pembelajaran word square hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam: Penelitian pada Siswa Kelas XI di SMK Kalam Bangsa Kota Bandung

Melyanti, Debbi (2013) Penggunaan model pembelajaran word square hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam: Penelitian pada Siswa Kelas XI di SMK Kalam Bangsa Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari aktifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI yang semula mempunyai semangat belajar tinggi akan tetapi mulai menurun pada jam-jam tertentu, sehingga menimbulkan aktifitas-aktifitas yang tidak diperlukan didalam kelas seperti mengobrol ketika guru menjelaskan, atau melakukan aktifitas lain yang tidak ada kaitannya dengan materi pembelajaran. Sehingga untuk membangkitkan kembali semangat belajar siswa, guru mencoba untuk menggunakan berbagai model pembelajaran yang salah satunya adalah model pembelajaran word square. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Word Square di kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Kalam Bangsa Kota Bandung, untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMK Kalam Bangsa Kota Bandung, untuk mengetahui hubungan antara penggunaan model pembelajaran word square dengan motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMK Kalam Bangsa Kota Bandung. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa model pembelajaran Word Square dapat mendorong pemahaman siswa terhadap materi ajar serta interaksi antara guru dan siswa diharapkan merupakan proses motivasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang diupayakan untuk mencandra atau mengamati permasalahan secara sitematis dan akurat mengenai fakta dan sifat objek tertentu. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Penyebaran angket ditunjukan kepada 16 siswa sebanyak 10 item.. Kemudian untuk menganalisis data dilakukan dengan menggunakan dua pendekatan yaitu analisis parsial dan analisis korelasional. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata variabel X sebesar 4,3. Angka tersebut termasuk kategori sangat tinggi, karena berada pada rentang 4,20 – 5,00. Sedangkan untuk rata-rata variabel Y sebesar 4,2. Angka tersebut termasuk kategori sangat tinggi, karena berada pada rentang 4,20 – 5,00. Hubungan antara variabel X dan variabel Y menunjukkan korelasi sedang, dengan hasil perhitungan koefisien korelasi sebesar 0,52. Angka tersebut termasuk pada kategori sedang, karena berada pada interval 0.41 - 0.70. Adapun pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 27,04%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Word Square mempengaruhi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 27,04%. Dengan demikian masih ada faktor lain sebesar 72,96% yang turut mempengaruhi Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Word Square; motivasi; belajar; Pendidikan agama Islam;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2016 04:48
Last Modified: 17 Jun 2019 06:34
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item