Studi analisis isi model komunikasi Islam Habib Husein Ja'far Al Hadar di Youtube Jeda Nulis

Amarullah, Rafli Husein (2022) Studi analisis isi model komunikasi Islam Habib Husein Ja'far Al Hadar di Youtube Jeda Nulis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Dengan komunikasi, menjadikan manusia bisa melakukan hal apapun, menyampaikan dan menerima pesan atau suatu informasi, hingga hal lainnya yang berkaitan dengan sosial. Dengan adanya internet ini yang membuat cakupan area untuk berkomunikasi menjadi semakin luas tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Maka seorang da’i juga di tuntut untuk memanfaatkan perkembangan teknologi berupa internet ini sebagai sarana dalam menunjang kegiatan dakwah. Sehingga cakupan mad’u yang mampu dicapai bukan hanya sekedar orang dekat. Kegiatan dakwah yang dilakukan dengan menggunakan media sosial ini ternyata memberikan manfaat yang besar terhadap persebaran ajaran Islam. Sebab, dakwah yang dilakukan dengan media membuat ajaran Islam dapat tersebar secara cepat, luas, menarik, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis isi yaitu metode yang digunakan dalam memperoleh informasi dan penjelasan dari suatu isi komunikasi yang disampaikan berupa jenis lambang. Metode analisis isi dapat digunakan bagi menganalisis segala bentuk komunikasi seperti, buku, surat kabar, video, film, musik, dan lain sebagainya. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini digunakan guna memberikan gambaran terhadap subjek dan objek penelitian yang ada di lapangan mengenai model komunikasi Islam Habib Husein Ja’far Al Hadar yang meliputi aspek tabligh, taghyir, khairu ummah, dan akhlaq al-karimah di Youtube Jeda Nulis. Kegiatan dakwah Habib Husein di channel Youtube Jeda Nulis juga sejalan dengan teori komunikasi Islam dari Prof. Andi Faisal Bakti, dimana komunikasi Islam sebagai jurnalisme perdamaian yang didalamnya terdiri dari empat aspek yaitu, tabligh (informasi), taghyir (perubahan), khairu ummah (umat terbaik), akhlaq al-karimah (perilaku mulia). Komunikasi Islam yang dilakukan Habib Husein pada setiap video dakwahnya berisikan informasi-informasi (tabligh) Islam penuh cinta, spiritualitas, kemanusiaan, toleransi, dan rasional yang mendorong mad’u melakukan perubahan (taghyir) untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi (khairu ummah) dengan berperilaku mulia dan penuh cinta (akhlaq al-karimah).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Habib Husein Ja’far Al Hadar; Analisi Isi; Model Komunikasi Islam; Teori Komunikasi Islam; Youtube;
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rafli Husein Amarullah
Date Deposited: 03 Oct 2022 06:04
Last Modified: 03 Oct 2022 06:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58265

Actions (login required)

View Item View Item