Manajemen cyber PR dalam meningkatkan reputasi pimpinan melalui media sosial instagram : Studi kualitatif di Prokopim Setda Kabupaten Bandung

Rahmayati, Rahayu (2022) Manajemen cyber PR dalam meningkatkan reputasi pimpinan melalui media sosial instagram : Studi kualitatif di Prokopim Setda Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Era disrupsi menjadi tantangan untuk praktisi Public Relations melalui dinamika komunikasi digital dengan publiknya. Era disrupsi hadir bersamaan dengan perkembangan teknologi hal tersebut juga yang melahirkan Public Relation 4.O, praktisi humas dapat menyederhanakan tugasnya dengan perlengkapan alat-alat digital. Prokopim Setda Kabupaten Bandung sebagai praktisi PR dari Pimpinan Kabupaten Bandung sebagai praktisi PR dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam pengemasan konten dan memberikan kepercayaan kepada publik dengan informasi yang disebarkan melalui media sosial Instagram. Peneliti tertarik melaksanakan penelitian dengan alasan media sosial Instagram Prokopim mendapatkan banyak atensi dari masyarakat baik bersifat positif maupun kritik. Inovasi yang diberikan Prokopim menjadikan Pimpinan Kabupaten Bandung diberikan penghargaan mengenai pengendalian inflasi dan inovasi digital. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana manajemen dari kegiatan Cyber PR di Prokopim Kabupaten Bandung dalam meningkatkan reputasi Pimpinan melalui media sosial Instagram mulai dari tahap pengumpulan data konten, strategi kontem, komunikasi pesan informasi hingga tahap evaluasi konten yang dilaksanakan oleh Prokopim Kabupaten Bandung. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep The Four Step Public Relations dengan alasan konsep tersebut dapat mengkonstruksikan kegiatan pada objek penelitian dalam meningkatkan reputasi Pimpinan Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat menunjukan manajemen Cyber Public Relations yang dikelola oleh Prokopim Kabupaten Bandung untuk meningkatkan reputasi pimpinan melalui media sosial Instagram melalui empat tahap yaitu: (1) Tahap pengumpulan data konten, dimulai dari peliputan pimpinan dan riset data konten; (2) Tahap perencanaa konten, dimulai dari target konten, pembuatan content plan, Produksi konten dan verifikasi dari pimpinan; (3) Tahap komunikasi pesan informasi, dimulai dari publikasi pesan dan content engagement; dan (4) Tahap evaluasi konten, dimulai dari pembuatan social media report hingga analisis feedback dari publik yang dilaksanakan oleh Prokopim Kabupaten Bandung mengenai media sosial Instagram dan konten yang diproduksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen PR; Cyber Public Relations; Reputasi; Media Sosial; Instagram;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Rahayu Rahmayati
Date Deposited: 06 Oct 2022 08:00
Last Modified: 06 Oct 2022 08:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59144

Actions (login required)

View Item View Item