Peran pendidikan politik terhadap keterlibatan mahasiswa dalam politik kampus kasus mahasiswa Sosiologi angkatan 2014 UIN SGD Bandung

Doantiwin, Ruri (2017) Peran pendidikan politik terhadap keterlibatan mahasiswa dalam politik kampus kasus mahasiswa Sosiologi angkatan 2014 UIN SGD Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy

Abstract

Ruri Doantiwin. 2017. Peran Pendidikan Politik terhadap Keterlibatan Mahasiswa dalam Politik Kampus. (Kasus Mahasiswa Sosiologi Angkatan 2014 UIN Sunan Gunung Djati Bandung) Penelitian ini berangkat dari peran pendidikan politik terhadap keterlibatan dalam politik dari mahasiswa di Kampus UIN SGD Bandung, berkontribusi dalam pembentukan sikap politik mahasiswa. Sikap yang di ekspresikan mahasiswa berbeda-beda, sebagian mahasiswa aktif dalam politik dan sebagian lagi tidak, atau hanya menjadi partisipan saja. Padahal Jurusan Sosiologi memberikan kontribusi akan pengetahuan politik yang disajikan di kelas melalui berbagai mata kuliah yang di berikan di dalamnya, dan menjadi dasar ilmu serta dorongan untuk mengimplementasikan ilmu politik dalam organisasi politik kampus. Dalam peneltian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana capaian pendidikan politik Sosiologi pada mahasiswa Sosiologi Angkatan 2014 UIN SGD Bandung dalam dunia politik (2) Bagaimana keterlibatan politik mahasiswa Sosiologi Angkatan 2014 UIN SGD Bandung (3) Apa faktor pendorong dan penghambat mahasiswa Sosiologi Angkatan 2014 UIN SGD Bandung untuk terlibat dalam dunia politik kampus Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Struktural Fungsional dari Talott Parsons. Teori Struktural Fungsional digunakan untuk bisa menganalisis apakah sebuah sistem bisa berjalan dengan stabil, dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya sesuai dengan peran dan fungsinyinya. Dengan menggunakan konsepnya tentang AGIL, sebuah sistem akan tetap berjalan stabil apabila memenuhi empat syarat, adaptation (adaptasi), goal attainment (pencapaian tujuan), integration (integrasi), latency (pemeliharaan pola). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer merupakan sumber data utama yang diperoleh dari hasil wawancara, sedangkan sumber data sekunder adalah sumber data yang diperoleh dari berbagai dokumentasi serta kajian pustaka. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan teori struktural fungsional dapat dijelaskan bahwa mahasiswa Sosiologi beserta seperangkat pendidikan politik di Jurusan Sosiologi sebagai sebuah sistem telah berjalan dengan baik namun kurang stabil, dikarenakan masih adanya mahasiswa yang tidak terlibat dan tidak ingin disibukan oleh urusan organisasi. Hal demikian terjadi karena mahasiswa yang melalui proses belajar dalam pendidikan politik tetap memerlukan sarana pendidikan lain, seperti media massa, diskusi non-formal, dan lingkungan pergaulan. Hal tersebut dibuktikan oleh mahasiswa yang terlibat dalam politik, bahwa pendidikan politik merupakan ilmu dasar yang tetap membutuhkan upaya pendalaman ilmu melalui sarana lain. Kesimpulan dari peneltian ini adalah (1) Pencapaian pendidkan politik, telah memberikan kontribusi krusial dalam pembentukan dasar pengenalan politik (2) Keterlibatan mahasiswa Sosiologi Angkatan 2014 adalah keterlibatan aktif dan sebagian hanya partisipan (3) Fakor pendorong, adanya pendidikan politik yang didukung sarana lain. Faktor penghambat, mahasiswa kurang mendalami politik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: politik; mahasiswa; keterlibatan; kampus
Subjects: Culture and Institutions
Communities > Community Sociology
Political dan Government Science > Education of Politics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ruri Doantiwin
Date Deposited: 31 Jan 2018 07:29
Last Modified: 31 Jan 2018 07:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5937

Actions (login required)

View Item View Item