Kompensasi atas nafkah dalam pembagian harta bersama: Studi tentang putusan di Pengadilan Agama Bandung Nomor 2049/PDT.G/2011/PA.BDG

Sari, Intan Purnama (2013) Kompensasi atas nafkah dalam pembagian harta bersama: Studi tentang putusan di Pengadilan Agama Bandung Nomor 2049/PDT.G/2011/PA.BDG. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)

Abstract

Dalam Perkara Nomor 2049/Pdt.G/2011/PA.Bdg gugatan diajukan oleh penggugat kepada tergugat, yang sebelumnya pada tahun 2001 isterinya mengajukan perceraian terhadap suaminya. Setelah terjadi perceraian, penggugat mengajukan gugatan harta bersama pada tahun 2011 dimana menuntut nafkah yang dahulu 50% harta bersama milik suaminya diserahkan kepada penggugat dan anak-anaknya, selanjutnya hakim mengabulkan tuntutan penggugat menyerahkan harta bersama milik tergugat kepada penggugat dan anak-anaknya atas nafkah yang dahulunya. Dalam putusan ini Majelis Hakim mengabulkan bahwa isterinya mendapatkan nafkah berserta anak-anaknya dari harta bersama milik tergugat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui duduk perkara, hukum acara yang digunakan dalam persidangan dan untuk mengetahui Dasar Pertimbangan Majelis Hakim dalam Memutuskan Perkara Nomor 2049/Pdt.G/2011/PA.Bdg tentang Gugatan Harta Bersama. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa dalam putusan yang sangat penting yaitu menerapkan sumber hukum tertulis dan tidak tertulis dalam mengambil keputusan, serta akibat dari perceraian dalam pasal 156 KHI bahwasanya isteri tidak mendapatkan nafkah, dan yang mendapatkan nafkah hanya kepada anaknya saja, serta isterinya yang mengajukan perceraian kepada suaminya maka hak-hak nafkahnya hilang setelah lewatnya masa iddah. Penelitian dilakukan dengan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi naskah, kepustakaan, dan wawancara. Sedangkan analisis digunakan dengan menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa duduk perkara dalam Putusan Pengadilan Agama Bandung Nomor 2049/Pdt.G/2011/PA.Bdg yaitu penggugat menuntut nafkah 50% harta bersama milik tergugat yaitu berupa tanah bangunan yang dahulunya tertulis atas nama tergugat. Berdasarkan Putusan Majelis Hakim Pengadilan Agama Bandung dalam perkara harta bersama ini bahwa hukum acara yang digunakan dalam persidangan telah sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam undang-undang yang berlaku baik dilihat dari pemanggilan serta alat bukti yang diajukan oleh penggugat telah sesuai. Dasar Pertimbangan Majelis Hakim, adalah fakta-fakta dalam persidangan bahwa menurut keterangan saksi bahwa tergugat sudah meninggalkan tergugat berberapa tahun lamanya dan tidak ada tanggung jawab untuk memberi nafkah kepada penggugat dan tergugat selama 12 tahun lamanya serta alasan penggugat mengajukan perceraian kepengadilan Agama Bandung sebelumnya karena suaminya meninggalkan dan tidak memberi nafkah. Selain melihat hal tersebut Majelis Hakim mempertimbangkan rasa keadilan, kemaslahatan dan perlindungan hukum bagi mantan isterinya. Maka Majelis Hakim menyerahkan sebagian harta bersama milik tergugat sebagai kompensasi atas nafkah madiyah penggugat dan anak-anaknya yang ditinggalkan selama 12 tahun lamanya berdasarkan ketentuan pasal 80 ayat 4 Kompilasi Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kompensasi nafkah; harta bersama;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Prgram Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2016 03:39
Last Modified: 14 Aug 2019 03:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/595

Actions (login required)

View Item View Item