Manajemen kurikulum Al-Qur'an: Penelitian di SD Al-Qur'an Sukamiskin Bandung

Dula'ibad, Achmad (2017) Manajemen kurikulum Al-Qur'an: Penelitian di SD Al-Qur'an Sukamiskin Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen kurikulum mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kurikulum. perencanaan dan pengembangan kurikulum nasional pada umumnya telah dilakukan oleh departemen pendidikan nasional pada tingkat pusat. Karena itu level sekolah yang paling penting adalah bagaimana merealisasikan dan menyesuaikan kurikulum tersebut dan berwenang untuk mengembangkan kurikulum muatan lokal sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan lingkungan setempat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Manajemen Kurikulum Al-Qur’an di SD Al-Qur’an dalam (1) Latar Alamiah SD Al-Qur’an, (2) Perencanaan Kurikulum Al-Qur’an, (3) Pengorganisasian Kurikulum Al-Qur’an, (4) Pelaksanaan Kurikulum Al-Qur’an, (5) Evaluasi Kurikulum Al-Qur’an, (6) Faktor Pendukung dan Penghambat Kurikulum Al-Qur’an, (7) Hasil Manajemen Kurikulum Al-Qur’an. Manajemen kurikulum menurut Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI adalah sebagai suatu sistem pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komprehensif, sistemik dan sistematik dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum. Sebagai suatu proses, manajemen kurikulum berdampingan dengan empat aktivitas, yakni (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan, (4) evaluasi. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan unitisasi data, kategorisasi data dan penafsiran data. Uji abasah data dilakuan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat, analisis kasus negative, kecukupan referensi, pengecekan anggota, uraian rinci, auditing untuk kriteria kebergantungan, auditing untuk kriteria kepastian. Dalam hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Kurikulum Al-Qur’an di SD Al-Qur’an sudah memenuhi standar dalam (1) Latar Alamiah Sekolah yang Strategis, (2) Perencanaan Kurikulum Al-Qur’an meliputi program yang direncanakan yaitu program umum ke Al-Qur’anan, (3) Pengorganisasian Kurikulum Al-Qur’an yaitu dengan wakasek kurikulum Al-Qur’an yang mengkoordinir guru-guru Al-Qur’an, (4) Pelaksanaan Kurikulum Al-Qur’an terkait metode pengajaran dan media pembelajaran, (5) Evaluasi Kurikulum Al-Qur’an melalui wakasek kurikulum kepada guru dengan menggunakan teknik diskusi dan wawancara untuk membicarakan targetan yang sudah dicapai dan kendala-kendala yang dihadapi, (6) Faktor Pendukung yaitu suport orang tua murid dirumah, Faktor Penghambatnya adalah komunikasi terhadap orangtua murid, (7) Hasil Manajemen Kurikulum Al-Qur’an ialah prestasi yang diraih oleh peserta didik dalam bidang ke Al-Qur’anan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Achmad Dula'ibad
Date Deposited: 01 Feb 2018 10:47
Last Modified: 01 Feb 2018 10:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5983

Actions (login required)

View Item View Item