Pelaksanaan peraturan pengupahan terhadap kinerja karyawan pada Home Industry Endo Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Hamzah, Hamzah (2013) Pelaksanaan peraturan pengupahan terhadap kinerja karyawan pada Home Industry Endo Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)

Abstract

Keberadaan pekerja dalam kegiatan produksi memberi andil cukup besar untuk mengembangkan usaha majikannya, akan tetapi hal itu tidak selalu diikuti dengan perbaikan tarap hidupnya atau kesejahteraannya. Salah satu faktor utama meningkatkan kesejahteraan buruh di sebuah perusahaan adalah upah. Oleh karena itu sistem pengupahan yang diterapkan disebuah perusahaan harus bersifat adil, sehingga dengan upah tersebut kesejahteraan buruh dapat terpenuhi dengan baik. Permasalahan ini berkaitan dengan pelaksanaan peraturan pengupahan terhadap kinerja karyawan pada Home Industri Endo Daerah Cicalengka Kabupaten Bandung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perjanjian yang dilakukan oleh home industry endo kepada karyawannya, mekanisme pengupahan, dan mengetahui tinjauan fiqh muamalah terhadap mekanisme pengupahan di Home Industry Endo Daerah Cicalengka Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa masalah pengupahan tidak disajikan secara terperinci dalam al-qur’an dan al-hadits. Walaupun demikian hal yang sangat ditekankan adalah sistem pengupahan yang Islami yakni harus didasarkan pada nilai-nilai keadilan yang sebelumnya disepakati dalam perjanjian kerja, karena keadilan merupakan salah satu nilai Islam yang tinggi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis, yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan cara wawancara, yaitu teknik pengumpulan data dengan mengajukan pertanyaan kepada responden dan jawaban-jawaban responden dicatat atau direkam. Analisa data dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Data yang ditemukan, yang kemudian menjadi bahan kesimpulan adalah: mekanisme pengupahan di Home Industry Endo Daerah Cicalengka Kabupaten Bandung menggunakan sistem upah jangka waktu, yaitu sistem pengupahan yang ditetapkan oleh perusahaan sesuai dengan waktu karyawan kerja atau sesuai dengan apa yang dikerjakannya. Setiap dua minggu sekali para karyawan mendapatkan upah sesuai dengan apa yang telah dipekerjakannya. Selain gaji mingguan, para karyawan mendapatkan tambahan gaji jika karyawan tersebut bisa mencapai target yang diinginkan oleh Home Industry Endo. Tinjauan fiqh muamalah tentang sistem pengupahan di Home Industry Endo daerah Cicalengka Kabupaten Bandung, terdapat penyimpangan pada salah satu asas mu’amalah yaitu ketidak jelasan, ketidak adilan dan kemadharatan serta tidak sesuai dengan maqashid as-syari’ah dimana salah satu pihak yaitu karyawan merasa tertipu dan dirugikan dengan sistem gaji seperti itu (sistem gaji mingguan dan sistem gaji kejar target).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peraturan Pengupahan; Kinerja Karyawan; Home Industry;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2016 01:57
Last Modified: 25 Jul 2019 07:46
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

View Item View Item