Upaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Membaca dengan Menggunakan Metode Project Based learning (PBL) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Septi Mariah, Septi (1122090175) (2014) Upaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Membaca dengan Menggunakan Metode Project Based learning (PBL) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam meningkatkan minat belajar membaca yang selama ini kurang diminati oleh sebagian besar siswa kelas satu khususnya di SDIT AT-TAQWA dibandingkan dengan materi pembelajaran yang lainnya. Berdasarkan hal tersebut, penulis mencoba untuk menggunakan salah satu metode pembelajaran yang dapat menarik minat siswa khususnya membaca. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode Project Based Learning (PBL), untuk mengetahui penerapan metode Project Based Learning (PBL), dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning (PBL) pada pelajaran bahasa Indonesia kelas 1 SDIT AT TAQWA. Pada setiap siklus dan akhir siklus. Kerangka berfikir ini digunakan sebagai dasar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yang diangkat . Atau bisa diartikan sebagai mengalirkan jalan fikiran menurut kerangka logis atau kerangka konseptual yang relevan untuk menjawab penyebab terjadinya masalah. Untuk membuktikan kecermatan penelitian , dasar dari teori tersebut perlu diperkuat hasil-hasil penelitian yang terdahulu yang relevan. Kerangka berfikir itu penting untuk membantu dan mendorong peneliti memusatkan usaha penelitiannya untuk memahami hubungan antara variabel tertentu yang telah dipilihnya, mempermudah peneliti memahami dan menyadari kelemahan/keunggulan dari penelitian yang dilakukannya dibandingkan penelitian yang terdahulu. Metode penelitian yang digunakan adalah Project Based Learning (PBL) dimana metode pembelajaran ini dapat memberikan kesempatan dan menuntut siswa terlibat secara aktif di dalam mencapai tujuan pembelajaran, sedangkan guru berperan sebagai pembimbing atau pemberi petunjuk cara pemecahan masalah dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat diterapkannya metode Project Based Learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 SDIT AT-TAQWA terlihat peningkatan rata-rata prestasi siswa yaitu 67,85 dari 28 siswa dan prosentase ketuntasan belajar siswa menunjukkan angka 89,28% (25 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh siswa 28 siswa).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Project Based learning (PBL), bahasa Indonesia, guru, hasil belajar, membaca
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Elementary Education > Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2016 02:44
Last Modified: 15 Mar 2016 11:32
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item View Item