Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits dengan Materi Surat Al-Ma’un

Siti Sopiah, Siti (1122090134) (2014) Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits dengan Materi Surat Al-Ma’un. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)

Abstract

Hasil belajar siswa dalam pembelajaran dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran. Pada waktu sekarang masih ada guru yang menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran materi surat al-Ma’un yang ternyata belum bisa meningkatkan hasil belajar siswa yang kurang dari KKM. Metode ceramah akan membuat siswa jenuh dan kantuk karena hanya mendengarkan penjelasan guru. Model pembelajaran Make a Match merupakan model pembelajaran yang berorientasi permainan. Permainan dalam pembelajaran diperlukan agar siswa tidak jenuh dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Model pembelajaran seperti ini juga dapat menumbuhkan rasa ingin tahu anak pada materi yang akan disampaikan. Berdasarkan latar belakang di atas, tujuan yang akan dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V MI Pangkalan pada materi surat Al-Ma’un sebelum diterapkannya model pembelajaran Make a Match, proses penerapan model pembelajaran Make a Match dan hasil belajar siswa kelas V MI Pangkalan pada materi surat Al-Ma’un setelah diterapkannya model pembelajaran Make a Match. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah action research dengan model pembelajaran Make a Match. Teknik pengumpulan data melalui tiga cara yaitu, observasi, tes, dan angket. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 12 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Adapun lokasi penelitian di Dusun Pangkalan Desa Trunamanggala Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang. Upaya penerapan model pembelajaran Make a Match di MI Pangkalan melalui tes, observasi, dan angket menunjukkan hasil yang signifikan. Hal ini dibuktikan sebelum model pembelajaran Make a Match diterapkan hanya 6 siswa dari 12 siswa yang mencapai KKM yaitu 70 dan dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata 69. Setelah model pembelajaran Make a Match diterapkan, 11 siswa dari 12 siswa yang mencapai KKM dan dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata 83. Berdasarkan hasil yang diperoleh yaitu pada siklus I persentasenya 58,3%, siklus II persentasenya 75%, dan siklus III persentasenya 90%, maka terjadi peningkatan yang signifikan untuk hasil belajar siswa pada materi surat Al-Ma’un dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Make a Match ini cocok diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi surat Al-Ma’un di kelas V MI Pangkalan Kecamatan Cimalaka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Make a Match, belajar, siswa, al Quran, Hadits
Subjects: Islam > Koran
Islam > Hadith
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2016 03:08
Last Modified: 17 Mar 2016 01:46
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item