Penggunaan teras berita pada harian umum Radar Banten: Analisis deskriptif pada headline Rubrik Radar Serang Edisi Januari 2013

Af’idati, Desi Iza (2013) Penggunaan teras berita pada harian umum Radar Banten: Analisis deskriptif pada headline Rubrik Radar Serang Edisi Januari 2013. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)

Abstract

Berita media cetak memiliki karakter khusus sehingga diminati khalayak. Teras berita, menjadi unsur yang diperhatikan karena sangat menentukan pembaca untuk meneruskan atau tidak bacaannya. Radar Banten menampilkan teras berita yang khas sehingga dapat menjadi Harian Umum terbesar di Provinsi Banten dengan jumlah oplah yang terus meningkat setiap tahunnya. Hal tersebutlah yang menjadi alasan ketertarikan peneliti untuk melakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penggunaan teras berita dalam headline rubrik Radar Serang, meliputi frekuensi penggunaan jenis teras berita, penggunaan jenis teras berita kaitannya dengan isi berita, serta pertimbangan redaksi dalam menggunakan teras berita tertentu. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Yaitu analisis yang diarahkan untuk memecahkan masalah dengan cara memaparkan dan menggambarkan apa adanya hasil penelitian. Analisis dilakukan terhadap data teks berita serta proses kerja keredaksian dalam menentukan penggunaan jenis teras berita tertentu. Adapun langkah-langkah dalam penelitian ini dimulai dengan pengumpul-an teks berita headline rubrik Radar Serang pada Harian Umum Radar Banten edisi Januari 2013, kemudian mengelompokkan kategori jenis teras berita dalam setiap edisi, dilanjutkan dengan mengalisis data teks dan wawancara, melakukan interpretasi dan mendeskripsikannya dalam bentuk tulisan kemudian diakhiri dengan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pada teras berita di Harian Umum Radar Banten selama bulan Januari 2013, frekuensi kemunculan jenis teras berita jenis teras berita apa (what lead) sebanyak 14 dengan persentase 48.27 %. Sedangkan teras berita siapa (who lead) sebanyak 11 dengan persentase 37.93%. Teras berita kapan (when lead) hanya muncul sebanyak dua kali dengan persentase 6.90%. Teras berita dimana (where lead) dan teras berita kontras (contrast lead) masing-masing muncul satu kali dengan persentase masing-masing 3.45%. Teras berita selain disebutkan di atas tidak digunakan. Penggunaan jenis teras berita kaitannya dengan isi berita ditentukan pada unsur yang ada di awal teras berita. Suatu unsur tertentu ditempatkan di awal teras berita ketika unsur tersebut memiliki satu atau lebih kriteria umum nilai berita. Pertimbangan redaksi dalam menggunakan jenis teras berita tidak terlalu signifikan. Pertimbangan redaksi hanya berdasarkan nilai berita, dan keberimbangan berita. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teras berita bergantung pada nilai berita. Nilai berita lah yang menjadikan suatu unsur ditempatkan di awal penulisan teras berita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teras Berita; Harian Umum Radar Banten; Rubrik Radar Serang;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2016 08:19
Last Modified: 24 Jun 2019 03:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item View Item