Kebijakan redaksi Metro Hari Ini dalam proses pembuatan berita: Analisis deskriftif kualitatif pada program Metro Hari Ini di Metro TV

Lum’ah, Nisa Fathir (2013) Kebijakan redaksi Metro Hari Ini dalam proses pembuatan berita: Analisis deskriftif kualitatif pada program Metro Hari Ini di Metro TV. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

Perkembangan media komunikasi modern dewasa ini telah memungkinkan orang di seluruh dunia untuk dapat saling berkomunikasi, karena adanya berbagai media (channel) yang dapat digunakan sebagai sarana penyampaian pesan. Sebagian besar masyarakat luas membutuhkan sumber informasi sebagai kebutuhan hidupnya. Seiring kemajuan teknologi komunikasi, media massa saat ini semakin berkembang. Informasi semakin mudah di dapat, termasuk berita-berita yang kini manjadi kebutuhan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama, sudut pandang berita Metro Hari Ini terhadap suatu peristiwa. Kedua, bagaimana proses pengambilan sumber berita redaksi dalam memilih berita. Ketiga, proses pembuatan naskah berita Metro Hari Ini sebelum ditayangkan. Untuk meneliti persoalan tersebut, Peneliti menggunakan Teori Kritis. Teori ini menjelaskan media bukan hanya mekanisme sederhana untuk menyebarkan informasi: media pun merupakan organisasi kompleks yang membentuk institusi sosial masyarakat yang penting. Jelasnya, media adalah pemain utama dalam perjuangan ideologis. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Deskriftif Kualitatif Pada Program Metro Hari Ini di Metro TV. Peneliti mengumpulkan data dengan pengamatan langsung, wawancara, dan mengumpulkan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah para pengambil kebijakan redaksi Metro Hari Ini, salah satunya yaitu Produser Merto Hari Ini. Dari penelitian ini, diperoleh hasil bahwa pertama, program Metro Hari Ini menarik angle atau sudut pandang pemberitaan ke lingkup yang berskala nasional. Karena dalam kerangka yang lebih luas, redaksi menyentil kebijakan pemerintah dalam menangani konflik antar lembaga. Kedua, sumber berita bisa dari mana saja, bahkan dari sosial media dari beragam media. Informasi berita tidak hanya di dapatkan dari redaksi saja. Informasi dari warga pun penting. Ketiga, proses pembuatan naskah berita sebelum tayang dimulai dari rapat redaksi, penugasan liputan, proses liputan, mencari nara sumber, menulis berita, editing naskah berita, editing gambar dan dubbing, sampai pada penyusunan naskah berita ke dalam rundown. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa redaksi merupakan jantung dalam sebuah media massa, khususnya televisi yang beritanya selalu aktual karena bersiaran hingga 24 jam penayangannya. Dalam perusahaan media massa, redaksi yang dipimpin oleh Pemimpin Redaksi (Pemred), merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap mekanisme dan aktivitas kerja keredaksian sehari-hari, termasuks mengawasi berita yang akan ditayangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembuatan Berita; Metro TV;
Subjects: Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2016 08:28
Last Modified: 28 Aug 2019 06:50
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item View Item