Bahasa Jurnalistik pada harian umum Media Indonesia: Studi analisis isi berita pada Rubrik Move harian umum Media Indonesia edisi November 2012

Patimah, Siti (2013) Bahasa Jurnalistik pada harian umum Media Indonesia: Studi analisis isi berita pada Rubrik Move harian umum Media Indonesia edisi November 2012. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)

Abstract

Ciri utama bahasa jurnalistik di antaranya sederhana, singkat, padat, lugas, jernih, dan menarik. Bahasa jurnalistik yang benar dan baik senantiasa berpedoman pada aturan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD). Ketepatan penggunaan kaidah tersebut dapat diketahui melalui tiga aspek kaidah bahasa jurnalistik yaitu bahasa yang hemat kata, bahasa yang tepat makna dan bahasa yang menarik. Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan tentang penggunaan bahasa jurnalistik pada rubrik Move Harian Umum Media Indonesia. Penelitian ini juga bertujuan untuk menjawab penggunaan bahasa jurnalistik yang merujuk pada kaidah bahasa Indonesia yang benar dan baik dalam penyusunan berita pada rubrik Move. Bertolak dari pemikiran tersebut, penelitian ini diarahkan untuk memahami penggunaan bahasa jurnalistik pada Harian Umum Media Indonesia edisi November 2012 sebanyak 20 berita. Pembatasan berita-berita hanya fokus pada rubrik Move yang diteliti terletak pada halaman 17 sampai halaman 19, kolom 1 sampai kolom 4. Teori yang digunakan untuk menganalisis penggunaan bahasa jurnalistik pada berita rubrik Move adalah kaidah kalimat efektif jurnalistik antara lain; pola kalimat yang gramatikal, mengutamakan kata-kata yang lugas, menggunakan kalimat hemat dan menganjurkan pemakaian kalimat bervariasi untuk menghindari kejenuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Tujuan dan kegunaan analisis isi dalam penelitian ini yaitu untuk memperolah keterangan tentang isi dan teknik penulisan bahasa jurnalistik pada Harian Umum Media Indonesia edisi November 2012. Sebelumnya telah dilakukan uji kategori yang dibuat dengan uji reliabilitas yang dibantu oleh koder. Hasil uji reliabilitas dan analisis, diperoleh angka dengan masing-masing kategori yaitu bahasa yang hemat kata, tepat makna dan menarik sebesar 85 %, 90 % dan 95 %. Kesimpulan menunjukkan kategori menarik mendominasi hasil penelitian dengan persentase tertinggi yaitu 95%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Harian Umum Media Indonesia memiliki tingkat perhatian yang cukup tinggi dalam menarik minat khalayak untuk membaca berita rubrik Move.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jurnalistik; Harian Umum Media Indonesia
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2016 08:43
Last Modified: 12 Jul 2019 03:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item View Item