Pesan-pesan moral dalam komik: Analisi semiotika pada komik 33 pesan Nabi Hadits Bukhori dan Muslim karya Vbi_Djenggotten Edisi; jaga mata, jaga telinga, jaga mulut

Rohmah, Eneng Ashri (2013) Pesan-pesan moral dalam komik: Analisi semiotika pada komik 33 pesan Nabi Hadits Bukhori dan Muslim karya Vbi_Djenggotten Edisi; jaga mata, jaga telinga, jaga mulut. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)

Abstract

Dakwah merupakan tugas untuk seluruh muslim yang ada di muka bumi, dakwah juga bukan suatu kegiatan yang dipahami oleh sebagian orang hanya menyampaikan materi di atas mimbar seperti halnya tabligh, namun artian dakwah sesungguhnya lebih luas, Dakwah merupakan seruan atau ajakan untuk mempengaruhi orang lain untuk menjadi lebih baik, baik itu berupa pikiran, perasaan, sikap, maupun perilaku. seiring dengan berkembangnya zaman, media dakwah juga semakin berkembang. Karena media komunikasi sama dengan media dakwah maka karena itu, maka perlu diluruskan bahwa dakwah tidak hanya melalui mimbar ke mimbar dan juga lewat berbicara secara tatap muka dengan para mas’u, banyak media yang bia dimanfaatkan untuk berdakwah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ikon, indeks, simbol serta interpretan pesan moral yang terdapat pada gambar dan juga teks dalam komik 33 Pesan Nabi Hadits Bukhori dan Muslim Edisi: Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut karya Vbi_Djenggotten. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa dakwah pada jaman teknologi memiliki banyak metode dan media, salah satu media teknologi yang bisa di jadikan media dakwah ialah media massa yakni media cetak melalui tulisan. Teori tersebut membuktikan bahwa media cetak komik dapat dijadikan media visual dakwah karena dalam komik terdapat gambar-gambar yang mendukung penjelasan pesan-pesan yang akan disampaikan kepada kalangan pembaca menjadi lebih efesien dan mudah di pahami oleh kalangan pembacanya dengan begitu juga membuktikan bahwa komik menjadi salah satu media visual untuk menyampaikan pesan moral berdasarkan Sunnah Rosul. Metode yang digunakan dalam peneltian ini ialah analisis semiotika. metode analisis ini merupakan teknik riset untuk mengetahui pesan moral dari sistem tanda yang terdiri dari ikon, indek, simbol hingga menjadi interpretan dalam komik 33 Pesan Nabi Hadits Bukhori dan Muslim Edisi jaga Mata, Jaga telinga, Jaga Mulut. Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah: menentukan objek penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan jenis daa, menentukan sumberdata, menentukan teknik pengumpulan data, dan akhirnya menganalisis data. Hasil penelitian dari ikon, indek, simbol dalam komik ini menunjukan bahwa pesan-pesan moral dalam komik tersebut secara umum memberikan gambaran tentang cara menjadi manusia yang baik, yakni dengan memiliki perilaku yang terpuji terhadap dirinya dan sesamanya mengacu kepada sunah Rosul . maka berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa komik 33 Pesan Nabi hadits Bukhori dan Muslim Edisi: Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut karya Vbi_Dejnggotten ikon, indeks, dan juga simbol yang menginformasikan serata, mengajak cara bersikap yang baik, dan melarang melakukan hal yang sekiranya merugikan untuk diri manusia itu sendiri dan juga orang disekitarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesan Moral Dalam Komik; Hadits Bukhari Muslim;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 29 Feb 2016 04:09
Last Modified: 11 Jul 2019 08:09
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item View Item