Pengembangan Mobile Learning Matematika Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa: Penelitian dan Pengembangan di SMA Negeri 24 Bandung

Sholihah, Fatmawati (2018) Pengembangan Mobile Learning Matematika Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa: Penelitian dan Pengembangan di SMA Negeri 24 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (863kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_datarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa dan motivasi belajar siswa yang didukung dari hasil observasi dan tes pemahaman matematis siswa. Pemilihan pengembangan mobile learning dikarenakan siswa yang kurang antusias terhadap pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pengembangan mobile learning matematika berbasis Android pada materi aturan sinus dan aturan cosinus untuk siswa SMA/MA kelas X SMAN 24 Bandung, (2) kemampuan pemahaman matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan mobile learning matematika berbasis Android.(3) efektivitas mobile learning matematika berbasis Android, dan (4) kelayakan mobile learning matematika berbasis Android yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Pengembangan mobile learning diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). (2) Kemampuan pemahaman matematis siswa mengalami peningkatan 0,64% berdasarkan N-Gain ternormalisasi. (3) Mobile learning efektif dalam tiga kali uji coba dengan kriteria yang layak pada setiap aspek. (4) Mobile learning layak dengan persentase 96,7%, 90,4%, dan 96,4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Mobile Learning; Matematika berbasis Android
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Fatmawati Sholihah
Date Deposited: 15 Mar 2018 01:17
Last Modified: 15 Mar 2018 01:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6797

Actions (login required)

View Item View Item