Perpaduan antara Tabligh dan musik sebagai model dakwah : Studi kasus terhadap model dakwah KH. Maman Imanulhaq Faqieh dan Group Marawis Mizani Pondok Pesantren Al-Mizan Desa. Ciborelang Kec. Jatiwangi Kab. Majalengka

Ipnayati, Nena Yuningsih (2013) Perpaduan antara Tabligh dan musik sebagai model dakwah : Studi kasus terhadap model dakwah KH. Maman Imanulhaq Faqieh dan Group Marawis Mizani Pondok Pesantren Al-Mizan Desa. Ciborelang Kec. Jatiwangi Kab. Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)

Abstract

Tabligh adalah penyampaian dan pemberitaan tentang ajaran-ajaran Islam kepada umat manusia, yang dengan penyampaian dan pemberitaan tersebut, pemberita menjadi terlepas dari beban kewajiban memberitakan dan pihak penerima berita menjadi terikat dengannya dan ilmu yang mempelajari ilmu tabligh disebut ilmu tabligh. Pengemasan tabligh yang dipadukan dengan seni musik ini dapat membawakan tabligh itu lebih menarik. Pesan tabligh yang disampaikan akan lebih lebih diminati oleh masyarkat, karena dakwah/tabligh pada hakikatnya adalah mengajak. Dakwah/tabligh bukan hanya dilakukan dengan tabligh mimbar yang berkobar-kobar diatas podium saja tetapi dapat pula di padukan dengan seni musik. Jika keduanya dipadukan maka akan lebih menarik simpati para khalayak. Menyiarkan agama Islam itu bisa dialakukan dengan berbagai macam cara yang penting tidak keluar dari koridor agama Islam. Penggabungan antara tabligh dan seni musik marawis modern adalah suatu wadah yang berbeda dengan biasanya, karena biasanya kita hanya melihat dakwah mimbar itu disampaikan melalui tabligh, tetapi tabligh ini diiringi oleh musik tradisional dan musik modern seperti musik marawis Mizani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif, yakni untuk memaparkan situasi dan perinstiwa. Jenis data yang digunakan yaitu jenis data kualitatif, yakni untuk mengukur, mengevaluasi dan mengetahui pemahaman model dakwah KH. Maman Imanulhaq Faqieh dan Group Marawis Mizani. Sumber datanya, data primer yaitu pelaksanaan pengajian dengan metode diskusi. Teknik pengumpulan datanya, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan angket yang disebarkan kepada muballagh dengan sample 40 orang. Sedangkan untuk menganalisis data dilakukan dengan menggunakan prosentase, untuk mendapatkan data yang valid. Model Dakwah KH. Maman Imanulhaq Faqieh dan Group Marawis Mizani Pondok Pesantren Al-Mizan Desa. Ciborelang Kec. Jatiwangi Kab. Majalengka. Dengan hasilnya ini adalah salah satu alternatif dakwah/tabligh yang menggunakan media seni musik lebih mengena dan efektif, serta memberdayakan dan meluaskan jangkauan mad’u/muballagh sehingga yang biasanya antipati terhadap dakwah yang monoton, dakwah yang monologh, akan tetapi model dakwah yang di padukan dengan seni musik ini menjadi salah satu alternatif yang baik sehingga para muballagh mengerti dan paham dengan apa yang di sampaikan oleh muballigh. Dari hasil pengolahan data, respon pemahaman masyarakat terhadap tabligh yang di padukan dengan seni yang di sampaikan oleh KH. Maman Imanulhaq Faqieh dengan prosentasenya 85% menunjukan bahwa respon muballagh tinggi. Dengan indikator pemahaman ialah mempertahankan, dapat membedakan, menduga, (estimates), menerangkan, memperluas menyimpulkan, mengeneralisasikan dan memperkirakan”. Artinya kemampuan menilai, memahami serta menghayati apa yang dikaji, yang nantinya akan terungkapkan dalam kata-kata dan teraplikasikan dengan perbuatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Musik; Dakwah
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 29 Feb 2016 04:41
Last Modified: 05 Sep 2019 02:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item View Item