Peran media audiovisual dalam meningkatkan kemampuan hapalan teks doa-doa pendek pada anak-anak: Studi deskriptif di Paud Al-Mutoharoh Tarumajaya Bekasi

Yuliyana, Fitri (2013) Peran media audiovisual dalam meningkatkan kemampuan hapalan teks doa-doa pendek pada anak-anak: Studi deskriptif di Paud Al-Mutoharoh Tarumajaya Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)

Abstract

Tabligh melalui media audiovisual adalah menyampaikan pesan dakwah melalui suara dan gambar yang dikemas dalam bentuk dvd. Media audiovisual sendiri adalah teknologi yang dianggap mampu memberikan solusi dan kemudahan khususnya dalam dunia pendidikan. Media audiovisual mampu memberikan peningkatan menghapal anak didik dalam menyerap pelajaran dan mengingat pelajaran dengan cepat dan baik. Pesan dakwah atau doa-doa pendek yang dikemas praktis memudahkan pengajar untuk menyampaikan materi yang mudah hingga sulit sekalipun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana paud Al-mutoharoh mengaplikasikan media audiovisual sebagai alat bantu untuk mengajarkan anak-anak tentang doa-doa pendek. Berdasarkan hasil tersebut, maka akan diketahui pula tentang Peran Media Audiovisual dalam Meningkatkan Kemampuan Hapalan Teks Doa-doa Pendek Pada Anak-Anak. Penelitian ini pun bertolak dari keharusan setiap Muslim agar mampu menuntun anak-anak usia dini dalam mengenal nilai-nilai keagamaan, termasuk salah satunya melalui perantara media audiovisual. Dengan metode deskriptif yang digunakan pada penelitian ini, dapat digambarkan berbagai aktivitas serta pengaplikasian metode dengan menggunakan media audiovisual untuk menyampaikan materi pembelajaran di dalam kelas, dimana pihak sekolah ini memiliki tujuan agar semua anak Muslim, khususnya di usia dini mampu memahami Islam secara benar, mampu mengenal dan menghapal doa-doa pendek dengan baik. Data-data tersebut kemudian diolah dan dianalisis sehingga bisa ditemukan benang merahnya perihal korelasi antara peran media audiovisual dengan tabligh, khususnya mengenai pembelajaran doa-doa pendek. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Paud Al-Mutoharoh yang beralamat di Jl.Tarumajaya Kp.Pamahan Rt 02/04 No.20 Desa Setiamulya Kec.Tarumajaya Kab.Bekasi, memiliki peranan dalam mengembangkan kemampuan menghapal doa-doa pendek pada anak melalui media audiovisual yakni berupa dvd. Paud Al-Mutoharoh berhasil mendapatkan prestasi dan hasil positif serta mampu memenuhi kebutuhan pengetahuan anak Muslim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Audiovisual; Hapalan Anak;
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2016 01:33
Last Modified: 23 Jul 2019 07:06
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/691

Actions (login required)

View Item View Item