Pengaruh tabligh terhadap perubahan sikap remaja: Studi kasus Majelis Ta’lim Nurul Huda Babakan Suka Maju Cimahi Selatan

Lestari, Wulan Puji (2013) Pengaruh tabligh terhadap perubahan sikap remaja: Studi kasus Majelis Ta’lim Nurul Huda Babakan Suka Maju Cimahi Selatan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari Penyimpangan remaja seperti melakukan kejahatan, melanggar hukum, mabuk, berjudi, bertengkar serta perilaku yang tidak baik terhadap orang tuanya. bahwa prilaku remaja kecendrungan banyak yang bertentangan dengan ajaran – ajaran islam. Remaja dan masyarakat sekitar terhitung banyak yang meninggalkan ibadah mahdah dan ghair mahdah, menyukai perbuatan yang dilarang islam, seperti melakukan kejahatan, melanggar hukum, mabuk, berjudi, bertengkar serta perilaku yang tidak baik terhadap orang tuanya. Perilaku tersebut telah menjadi tontonan keseharian, sehingga perlu di arahkan dan di perbaiki dengan serius, oleh kerena itu segala program yang sedang dan telah di dilaksanakan di lembaga – lembaga keagamaan yaitu dengan dilaksanakanya program – program keagamaan. Salah satu kegiatan keagamaan bagi peningkatran perilaku keagamaan yang sudah bejalan hingga saat ini yaitu dengan kegiatan tabligh, yakni membawa berita - berita tentang ajaran agama islam, memberi informasi mengenai amar ma’ruf nahi munkar, agar dapat tercapainya kebahagiaan dunia dan akhirat. Begitu pula yang di laksanakan oleh dkm nurul huda babakan sukamaju cimahi selatan merupakan salah satu kegiatan untuk memberikan pemahamman keagamaan kepada masyarakat di sekitar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kegiatan tabligh di babakan sukamaju cimahi selatan, sikap remaja dalam mengikuti kegiatan majelis ta’lim nurul huda, dan pengaruh tabligh terhadap perubahan sikap remaja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif denga teknik pengumpulan data bertumpu pada observasi, wawancara berpola dan tidak berpola serta studi dokumentasi yang kemudian menganalisis data dengan cara investarisasi, mengkasifikasikan, display, menfsirkannya dan kemudian menyimpulkannya. Teknik tabligh merupakan teknik yang paling banyak dilakukan, penyampaian tidak terlepas dari strategi yang digunakan, kerena strategi merupakan siasat, taktik,atau perncanaan untuk mencapai suatu tujuan. Pelaksanaan tabligh dibutuhkan adanya persiapan yang matang, maka dalam pelaksanaan tabligh tidak terlepas dari unsur daí, materi dakwah, madú, media dan efek sebagai hasil yang dicapai dari kegiatan dakwah dengan cara tebligh tersebut. Data yang didapat menunjukan bahwa tabligh yang dilaksanakan di DKM nurul huda mengalami perubahan kognitif dalam mengenal dan mendekatkan diri terhadap tuhannya, perubahan afektif dalam mengontrol emosional individu, dan behavioral dalan perbaikan akhlaq, aqidah, dan syariah menurut ajaran – ajaran al – quran dan as – sunnah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: TabligH; Remaja; Majelis Ta’lim Nurul Huda
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2016 02:59
Last Modified: 03 Jul 2019 03:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item View Item