Pemahaman santri terhadap Kitab Duratun Nashihin Bab Fadhilah Ramadhan hubungannya dengan Aktivitas Ibadah Ramadhan mereka

Nurdiansyah, Rivan (2016) Pemahaman santri terhadap Kitab Duratun Nashihin Bab Fadhilah Ramadhan hubungannya dengan Aktivitas Ibadah Ramadhan mereka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarIsi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (993kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan dari adanya kesenjangan pemahaman santri terhadap kitab duratun nasihin bab fadilah ramadhan dengan aktivitas ibadah ramadhan mereka. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan, pada kenyatan masih terdapat santri yang memiliki pemahaman baik tetapi aktivitas ibadah mereka kurang baik. Seperti: tidak melaksanakan sholat tarawih berjamaah, tidak mengikuti kegiatan membaca al quran, tidak mengikuti kegiatan berdzikir dan bersholawat. Bertitik tolak dari keadaan santri seperti itu, maka timbul permasalahan. Mengapa masih ada beberapa santri yang memiliki aktivitas ibadah ramadhan kurang baik? Apakah pemahaman siswa terhadap kitab duratun nasihin bab fadhilah ramadhan mempengaruhi aktivitas ibadah ramadhan mereka? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Realitas pemahaman santri terhadap kitab duratun nashihin bab fadhilah ramadhan; 2) Realitas aktivitas ibadah ramadhan mereka; dan 3) Realitas hubungan pemahaman santri terhadap kitab duratun nasihin bab fadhilah ramadhan hubungannya dengan aktivitas ibadah ramadhan mereka.Penelitian ini didasarkan dari pemikiran bahwa pemahaman sebagai bentuk dari ranah kognitif siswa memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap ranah afektif dan psikomotor. Oleh sebab itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik pemahaman siswa terhadap kitab duratun nashihin bab fadhilah ramadhan, akan semakin baik pula aktivitas ibadah ramadhan mereka. Begitupun sebaliknya. Penelitian ini bersifat empirik dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, tes, dan wawancara. Sedangkan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi. Adapun sampel yang diteliti yaitu 35 santri sebagai responden. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Pemahaman santri terhadap kitab duratun nasihin bab fadhilah ramadhan termasuk kualifikasi kategori amat baik. Hal tersebut berdasarkan angka rata-rata sebesar 85,16 yang berada pada interval 80 – 100. 2) aktivitas ibadah ramadhan mereka termasuk kualifikasi sangat tinggi. Hal tersebut berdasarkan angka rata-rata sebesar 4,51 yang berada pada interval 4,20-5,00. 3) Hubungan antara Pemahaman santri terhadap kitab duratun nasihin bab fadhilah ramadhan dengan aktivitas ibadah ramadhan mereka adalah sebagai berikut: a) Koefisien korelasi antara kedua variabel tersebut termasuk pada korelasi tinggi. Hal tersebut dikarenakan skor sebesar 0,64 pada skala korelasi antara 0,60 – 0,80. b) Hipotesisnya diterima. Hal tersebut berdasarkan thitung (6,12) dan ttabel (2,03). c) Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y diketahui sebesar 40,96% jadi masih terdapat 59,04 % faktor lain yang mempengaruhi aktivitas ibadah ramadhan mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ibadah Ramadhan
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rivan Nurdiansyah
Date Deposited: 23 Mar 2018 09:50
Last Modified: 23 Mar 2018 09:50
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6963

Actions (login required)

View Item View Item