Strategi siaran radio Sukamantri dalam meningkatkan ketercapaian misi Dakwah: Penelitian di radio Sukamantri 101 fm jln. yayasan no.25 pasar kemis Kabupaten Tangerang

Masthuroh, Siti (2013) Strategi siaran radio Sukamantri dalam meningkatkan ketercapaian misi Dakwah: Penelitian di radio Sukamantri 101 fm jln. yayasan no.25 pasar kemis Kabupaten Tangerang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Radio Sukamntri memiliki kemasan acara yang sangat bagus dakwah-dakwah nya di kemas dan disajaikan secar santai dan ringan sehingga terkesan menyenangkan dan tidak terlalu serius, hal tersebut bertujuan untuk membuat perbedaan acara dakwah di stasiun radio lain dengan di radio sukamantri, dan hal tersebut juga memiliki tujuan agar para pendengar siaran dakwan sukamantri mudah dalam memahami dan memmpelajari topik-topik dakwah yang disajikan. Oleh sebab itu, audien mempunyai kebebasan untuk memutuskan bagaimana menggunakan media dan menyeleksi setiap acara untuk memenuhi kepuasan hati. Tanggapan pendengar terhadap siaran Radio Sukamantri ini kebanyakan masyarakat di usia 14-21 tahun memilih program hiburan dibandingkan dengan program dakwahnya, dan di usia 22-35 tahun memilih keduanya karna kebutuhan mereka. Sedangkan, di usia 36-45 tahun mereka lebih memilih program dakwah dibandingkan hiburan. Telah dijelaskan bahwa perintah dakwah adalah logika, kebenaran dan keberanian menghadapi tantangan maupun rintangan, karena berdakwah berada di jalan yang lurus. Dari sini dapat dimengerti bahwa dakwah yang kaffah adalah dakwah dibangun atas prinsip ajaran dan alas an baik, dan para pendakwah adalah orang-orang benar perkataannya dan mulia perbuatannya agar menimbulkan keselamatan, terhindar dari fitnah di dunia maupun akhirat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, yaitu pengumpulan data, di mana penelitian mengadakan pengamatan. Metode ini digunakan untuk memperoleh data secara langsung yang telah dilakukan peneliti mengamati dilapangan. Metode wawancara, analisis data dan metode dokumentasi untuk memperoleh data dan arsip-arsip lainnya yang ada kaitannya dengan penelitian serta menggunakan metode analisis deskriptif analisis data. Berdasarkan hasil penelitian program siaran dakwah di Radio Sukamantri 101 FM dapat disimpulkan bahwa, program siaran hiburan dan informasi lebih dominan atau lebih menarik perhatian pendengar, dibandingkan dari program siaran dakwah karena program siaran dakwah yang ada di Radio Sukamantri 101 FM ini membosankan atau dalam arti lain tidak menarik dalam segi penyampaiannya. Sehingga bertolak belakang dengan misi yang ada di Radio Sukamantri 101 FM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Radio; Dakwah
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2016 04:18
Last Modified: 15 Jul 2019 00:42
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/703

Actions (login required)

View Item View Item