Model Kooperatif Tipe Pair Check untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Gaya dan Hukum Newton (Penelitian Pre eksperimen di Kelas VIII SMP Islam Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya)

Moch. Ridwan Riyadi, Moch. (2014) Model Kooperatif Tipe Pair Check untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Gaya dan Hukum Newton (Penelitian Pre eksperimen di Kelas VIII SMP Islam Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)

Abstract

Model pembelajaran yang kurang menarik minat siswa dalam belajar menjadi faktor yang sangat berpengaruh terhadap rendahnya penguasaan konsep siswa. Hal ini ditunjukan dari hasil rata-rata ulangan harian siswa pada materi fisika masih tergolong rendah. Salah satu solusi mengatasi permasalahan ini adalah model kooperatif tipe Pair Check sebagai model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran fisika dengan model kooperatif tipe Pair Check dan peningkatan penguasaan konsep siswa setelah proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode pre eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Bahrul Ulum kota Tasikmalaya yang berjumlah empat kelas. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling cara undian dan terpilih kelas VIII C sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan tes penguasaan konsep mengenai materi gaya dan hukum newton berbentuk uraian sebanyak 8 soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran terlaksana sangat baik dan rata-rata keterlaksanaan mencapai 83,21%. Nilai rata-rata tes awal siswa sebesar 18,13 meningkat pada saat tes akhir menjadi 75,66. Hasil perhitungan dengan uji t menunjukan bahwa penguasaan konsep siswa mengalami peningkatan signifikan setelah penerapan model kooperatif tipe Pair Check dengan thitung 24.51, lebih besar dari nilai ttabel 2,04. Besarnya peningkatan penguasaan konsep rata-rata ditunjukkan oleh indeks normal gain sebesar 0,71 dengan kategori peningkatan tinggi. Hasil ini menunjukan bahwa model kooperatif tipe Pair Check dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Kata Kunci: model kooperatif tipe Pair Check, penguasaan konsep siswa, materi gaya dan hukum newton.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model kooperatif tipe Pair Check, penguasaan konsep siswa, materi gaya dan hukum newton.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2016 01:33
Last Modified: 15 Mar 2016 10:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/710

Actions (login required)

View Item View Item