Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Alat-alat Optik (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas VIII SMP Plus Bandung Timur)

Nina Herlina, Nina (2014) Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Alat-alat Optik (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas VIII SMP Plus Bandung Timur). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP Plus Bandung Timur terdapat fakta bahwa penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran fisika tergolong masih sangat rendah, hal tersebut tercermin dari hasil uji coba angket penguasaan konsep siswa pada materi alat-alat optik. Hal tersebut terjadi karena pada saat pembelajaran fisika guru hanya terpaku pada penyampaian rumus dan mengerjakan soal-soal yang ada dibuku paket. Kondisi tersebut menyebabkan kreativitas siswa kurang berkembang. Salah satu model pembelajaran yang dapat mendukung kreativitas siswa agar terlibat secara langsung dalam melakukan pembelajaran adalah model pembelajaran Picture and Picture. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: (1) keterlaksanaan pembelajaran fisika dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture pada materi alat-alat optik. (2) peningkatan penguasaan konsep siswa dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture pada materi alat-alat optik. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Sampel dalam penelitian sebanyak 44 sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian dilakukan di SMP Plus Bandung Timur kelas VIII karena pembelajaran fisika pada sekolah tersebut masih menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian dilaksanakan pada materi alat-alat optik dengan mengunakan tahapan model pembelajaran Picture and Picture. Aspek penguasaan konsep yang diteliti adalah mengingat, memahami, mengaplikasi dan menganalisis. Data mengenai keterlaksanaan pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi, adapun data penguasaan konsep siswa diperoleh menggunakan tes dalam bentuk isian. Hasil penelitian data yang diperoleh: (1) keterlaksanaan guru 100% dengan kategori sangat baik dan siswa 92% dengan kategori sangat baik. (2) penguasaan konsep siswa mengalami peningkatan dari dengan rata-rata tes awal 20,59 dan tes akhir 78,09. Kata kunci : model pembelajaran Picture and Picture, penguasaan konsep, alat-alat optik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Picture and Picture, penguasaan konsep, alat-alat optik.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2016 01:40
Last Modified: 15 Mar 2016 11:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item View Item