Manajemen Perpustakaan di Madrasah Tsanawiyah Assalaam Jatihandap Bandung.

Rima Sari Sofianti, Rima (2014) Manajemen Perpustakaan di Madrasah Tsanawiyah Assalaam Jatihandap Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang bahwa pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan. Dalam suatu lembaga pendidikan bahwa setiap sekolah harus menyediakan sumber belajar yang diperlukan untuk kegiatan belajar mengajar, salah satu sumber belajar yang sangat penting adalah perpustakaan. Perpustakaan merupakan unsur penting dalam suatu lembaga pendidikan seperti sekolah, keberadaannya sangat berperan penting dalam menentukan keberhasilan suatu sekolah dalam membentuk anak didiknya yang berkualitas dan berkompetensi di masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar alamiah MTs Assalaam Jatihandap Bandung, perencanaan perpustakaan, pengorganisasian perpustakaan, pelaksanaan perpustakaan, sumber daya manusia perpustakaan, pengawasaan perpustakaan, faktor penunjang dan penghambat perpustakaan, serta keberhasilan yang di capai MTs Assalaam Jatihandap Bandung. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa maju mundurnya lembaga pendidikan atau perpustakaan sangat di pengaruhi oleh sistem manajemen yang berlaku, terutama faktor menejer. Hal ini tidak lepas dari peran sumber daya manusia. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi, wawancara, dan menyalin. Analisis data di lakukan dengan unitisasi data, kategorisasi data dan penafsiran data. Dari hasil penelitian yang di lakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa (1) Latar Alamiah MTs Assalaam Jatihandap Bandung merupakan lembaga pendidikan formal, disamping mendalami pengetahuan umum juga menitikberatkan keagamaan dengan beberapa pertimbangan. Madrasah ini di dirikan agar lembaga pendidikan memperhatikan beberapa aspek lain khususnya dalam aspek moral yang mana aspek tersebut kurang dilirik oleh beberapa lembaga pendidikan, maka dengan pendidikan berbasis agama dianggap sebagai salah satu solusi untuk menciptakan perubahan dalam masyarakat kearah yang lebih baik, (2) Perencanaan perpustakaan meliputi tujuan, kebijakan, strategi, dan program, (3) Pengorganisasian perpustakaan dilakukan sebagai proses pelayanan, (4) Pelaksanaan perpustakaan meliputi koleksi, fasilitas, teknologi informasi dan komunikasi serta sistem layanan, (5) Pengawasan perpustakaan dilakukan dengan menggunakan evaluasi proses dan evaluasi hasil, (6) Sumber Daya Manusia perpustakaan dilakukan dengan cara perekrutan secara langsung olek Kepala Madrasah, (7) Faktor penunjang perpustakaan MTs Assalaam Jatihandap Bandung diantaranya personil, peserta didik, fasilitas, lingkungan dan dana serta faktor penghambat mencangkup personil, (8) Hasil yang dicapai MTs Assalaam Jatihandap Bandung yaitu peminjaman dan pengembalian koleksi perpustakaan yang di pinjam terlaksana sesuai jadwal karna tingkat pelayanannya yang lebih memudahkan siswa untuk mencari bahan sumber informasi dan ilmu pengetahuan lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan,Madrasah Tsanawiyah Assalaam Jatihandap, Bandung
Subjects: Library and Information Sciences
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2016 02:51
Last Modified: 29 Mar 2017 01:14
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/714

Actions (login required)

View Item View Item