Unsur-unsur etik dalam profesionalisme Dokter di lingkungan Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat

Topan, Mohamad (2010) Unsur-unsur etik dalam profesionalisme Dokter di lingkungan Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstraks.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarIsi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (79kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)

Abstract

Profesi dokter yang ada di lingkungan Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin merupakan salah satu profesi yang sangat mulia, karena menuntut dedikasi, pengorbanan serta pengabdian untuk kemanusiaan. Adapun tujuan utama dari profesi dokter adalah memberikan pelayanan yang manusiawi kepada pasien dan menjunjung tinggi martabat manusia.sebagai idealisme profesi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dasar etik dan unsur-unsur yang terkandung dalam profesionalisme serta kaitannya dengan kinerja penangan pasien di lingkungan Rumah Sakit Umum Pusat Dr..Hasan Sadikin Bandung Jawa Barat. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa etika pada dasarnya mempelajari motif-motif yang merupakan norm-norma moral yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Penelitian ini menggunakan metode deskritif analitik, yaitu metode pemaparan yang kemudian dianalisis, jadi data-data yang sudah terkumpul diklasifikasikan dan dianalisa untuk kemudian diinterpretasikan sesuai dengan pemahaman penulis. Data yang ditemukan menunjukan bahwa dasar etik profesi dokter di Lingkungan Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin yang ada sekarang sangat berkaitan erat dengan profesionalisme dokter dan mempunyai unsur-unsur etik yang berakar pada nilai-nilai kemanusiaan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa unsur-unsur etik yang terkandung dalam profesionalisme dokter di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin Bandung adalah unsur-sunsur yang yang mempunai nilai-nilai yang patut diteladani oleh profesi lain, juga masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rumah Sakit; profesionalisme; Dokter;
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2016 04:26
Last Modified: 12 Nov 2018 02:53
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item View Item