Tanggapan Siswa terhadap Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) Hubungannya dengan Motivasi Belajar Mereka pada Bidang Studi Aqidah Akhlak (Penelitian pada Kelas VII B Mts Ma’arif Cikeruh Jatinangor)

Ahmad Faridi, Ahmad (2014) Tanggapan Siswa terhadap Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) Hubungannya dengan Motivasi Belajar Mereka pada Bidang Studi Aqidah Akhlak (Penelitian pada Kelas VII B Mts Ma’arif Cikeruh Jatinangor). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFATAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di kelas VII B MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor diperoleh bahwa pembelajaran aqidah akhlak terdapat dua fenomena yang cukup menarik untuk diteliti. Pada satu sisi penerapan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, And Share) ketika pembelajaran berlangsung sebagian siswa terlihat antusias dalam mengikuti pelajaran namun sebagian lagi dari siswa masih memiliki minat yang rendah dalam belajar. Dapat dilihat ketika proses pembelajaran masih ada yang mengobrol dan bercanda dengan teman sebangku. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa kelas VII B MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor terhadap penerapan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, And Share), motivasi belajar siswa kelas VII B MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor pada mata pelajaran aqidah akhlak, dan hubungan antara tanggapan siswa kelas VII B MTs Ma’arif Cikeruh Jatinangor terhadap penerapan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, And Share) dengan motivasi belajar mereka pada bidang studi aqidah akhlak. Metode belajar merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk mengatasi kesulitan memahami pembelajaran, melalui model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, And Share) pada mata pelajaran aqidah akhlak, siswa diarahkan untuk berpikir secara kreatif dan inovatif untuk memecahkan masalah dalam belajar. Sehingga siswa terdorong motivasinya untuk belejar lebih aktif dan rajin. Metode yang dilakukan adalah metode deskriptif melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk memperoleh gambaran data kuantitatif dari 48 siswa yang dijadikan sampel yang selanjutnya diolah melalui statistik korelasional. Hasil penelitian untuk kedua variabel diperoleh rata-rata Variabel X (Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, And Share)) berdistibusi tinggi yaitu sebesar 3,87. Nilai tersebut termasuk katagori tinggi karena berada pada interval 3,40 - 4,19. Dan Variabel Y (Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak) diperoleh hasil 3,76. Nilai tersebut termasuk kategori tinggi karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Korelasi dari kedua variabel diperoleh harga korelasi 0,40 dapat diinterpretasiakn bahwa variabel X dengan variabel Y tergolong pada kategori sedang/cukup, karena harga tersebut berada pada rentang interval 0,40 – 0,70. Dan pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 9 % sedangkan 91 % lagi dipengaruhi faktor lain seperti suasana belajar, faktor lingkungan, dan faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SSCS,Respon Siswa, (Search, Solve, Create, And Share) Hubungannya Dengan Motivasi Belajar Mereka Pada Bidang Studi Aqidah Akhlak (Penelitian pada Kelas VII B Mts Ma’arif Cikeruh Jatinangor)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2016 03:04
Last Modified: 17 Mar 2016 01:40
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/767

Actions (login required)

View Item View Item