Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Platyhelminthes” (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 26 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013)

Nazla Rahmi Fatimah, Nazla (1209206042) (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Platyhelminthes” (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 26 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (772kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)

Abstract

Pembelajaran Biologi memerlukan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih semangat dan beraktifitas tinggi dalam belajar, khususnya sub materi Platyhelminthes yang didalamnya mencakup banyak konsep. Salah satu tipe model pembelajaran kooperatif adalah Cooperative script. Model pembelajaran Cooperative script merupakan model pembelajaran dimana siswa bekerja berpasangan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Dengan Cooperative script ini siswa dapat melatih pendengaran, ketelitian dan melatih mengungkapkan kesalahan orang lain secara lisan, selain itu siswa dapat berbagi ide atau informasi yang dimiliki kepada temannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada sub materi Platyhelminthes. Hipotesis penelitian ini adalah model pembelajaran Cooperative script memiliki pengaruh lebih baik terhadap hasil belajar siswa pada sub materi Platyhelminthes. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimental dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas X.5 dan X.6 angkatan 2012/2013 SMA Negeri 26 Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling atau sampel menurut area yakni pengambilan sampel berdasarkan daerah populasi yang sudah ditetapkan. Adapun instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Data tes yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik yaitu wilcoxon pada tes akhir (posttest) dan uji t pada gain. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Cooperative script dengan nilai rata-rata tes akhir yakni 77 termasuk kualifikasi baik, gain 51 dan N-gain 0,7 dengan kategori peningkatan tinggi. Sedangkan, hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Diskusi dengan nilai rata-rata tes akhir yakni 72 termasuk kualifikasi baik, gain 33 dan N-gain 0,5 dengan kategori peningkatan sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji wilcoxon pada tes akhir didapatkan Zhitung = 3,20 > Ztabel = 1,65 dan uji t pada gain didapatkan thitung = 0,275 < ttabel = 2,652 maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Cooperative script memiliki pengaruh lebih baik terhadap peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Diskusi pada sub materi Platyhelminthes. Hal ini didukung dengan data hasil observasi yang menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Cooperative script memiliki peningkatan hasil belajar lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Diskusi pada sub materi Platyhelminthes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Script, hasil belajar, siswa, Materi Platyhelminthes
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 07 Mar 2016 03:01
Last Modified: 16 Jun 2016 09:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/771

Actions (login required)

View Item View Item