Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Aqidah Akhlaq Siswa di Kelas IV MI Al-Markaz

Sukaedah, Sukaedah (2014) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Aqidah Akhlaq Siswa di Kelas IV MI Al-Markaz. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang tepat dapat mendorong tumbuhnya rasa senang siswa terhadap pelajaran, menumbuhkan dan meningkatkan motivasi untuk memahami pelajaran sehingga memungkinkan siswa memperoleh hasil yang lebih baik. Karena itu melalui pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat menyesuaikan jenis Penerapan dan metode pembelajaran dengan karakteristik siswa dan materi pelajaran yang disajikan. Berdasarkan hasil pendahuluan yang dilakukan penenliti bahwa di kelas IV MI Al-Markaz sudah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yang mana dalam penerapannya diharapkan siswa aktif dan ikut dalam menentukan tujuan pembelajaran di kelas. Kenyataannya proses belajar mengajar siswa masih belum bisa konsentrasi dalam belajar, siswa masih ribut sendiri, belum ada motivasi yang mendukung untuk mendapatkan prestasi yang baik dan memuaskan, selain itu anak juga cepat bosan. Akibat dari kondisi tersebut masih banyak siswa yang belum mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau belum tuntas. Siswa yang mendapatkan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) baru 10 siswa dan siswa yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 16 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak melalui penerapan model pembelajaran berbasis aktivitas pada siswa kelas IV MI Al Markaz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran yang kurang maksimal yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan pemberian tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas bahwa penerapan model pembelajaran berbasis aktivitas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di kelas IV MI Al-Markaz. Peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus I semula nilai rata-rata pada pre tes sebesar 52%, meningkat menjadi 67%, pada siklus II menjadi 74%, pada siklus II pertemuan kedua meningkat nilai rata-ratanya menjadi 83%, kemudian pada siklus III pertemuan pertama meningkat kembali menjadi 86%, dan pada siklus III pertemuan kedua terjadi peningkatan yang sangat signifikan yaitu 90% dengan hasil yang sangat memuaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran,Peningkatan Motivasi Belajar Siswa, Aqidah Akhlaq Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2016 03:32
Last Modified: 16 Mar 2016 00:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/774

Actions (login required)

View Item View Item