Penggunaan media pembelajaran Fisika Crossword Puzzle untuk meningkatkan Pemahaman konsep siswa pada materi Kalor: Penelitian Quasi Eksperimen di kelas X SMA Mekar Arum Bandung)

Suci, Rina Mellya (2013) Penggunaan media pembelajaran Fisika Crossword Puzzle untuk meningkatkan Pemahaman konsep siswa pada materi Kalor: Penelitian Quasi Eksperimen di kelas X SMA Mekar Arum Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)

Abstract

Pembelajaran yang kurang variatif dan motivasi dari siswa itu sendiri menjadi salah satu kendala mengapa pembelajaran kurang efektif dan materi ajar menjadi sulit dipahami siswa, sehingga berdampak pada kurangnya pemahaman konsep pada materi yang diajarkan khususnya fisika. Sebagian besar siswa dari hasil wawancara menganggap fisika merupakan pelajaran yang rumit, susah dimengerti, dan lain sebagainya, dengan bantuan media pembelajaran dapat membantu siswa bersemangat dan termotivasi untuk lebih giat belajar. Salah satu media yang dapat membantu siswa belajar adalah crossword puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa dan keterlaksanaan pembelajaran fisika dengan menggunakan media crossword puzzle pada materi kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain one group pretes postes. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Mekar Arum Bandung. Teknik penarikan sampelnya menggunakan simple random sampling dengan cara undian dan terpilih sebagai sampel adalah kelas X-1. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media crossword puzzle dan tes pemahaman konsep berbentuk uraian sebanyak 8 soal. Hasil penelitian yang dilakukan selama tiga kali pertemuan menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa selama pembelajarannya menggunakan media pembelajaran crossword puzzle mengalami penurunan pada pertemuan terakhir yaitu dengan rata-rata 88,95% dan terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa yang signifikan setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan media crossword puzzle yaitu berdasarkan hasil uji signifikansi (uji wilcoxon) yang menunjukan zhitung (17,47) lebih besar dari nilai ztabel (2,33). Adapun peningkatan pemahaman konsep siswa ditunjukkan oleh indeks normal gain adalah 0,45 termasuk ke dalam kategori sedang. Sehingga, pembelajaran dengan menggunkan media pembelajaran fisika crossword puzzle dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Fisika Crossword Puzzle; Pemahaman Konsep Siswa; Materi Kalor
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Heat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2016 01:57
Last Modified: 22 Jul 2019 08:23
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/826

Actions (login required)

View Item View Item