Metode bimbingan Islam bagi lanjut usia dalam meningkatkan kualitas ibadah di Panti Sosial Tresna Werdha Husnul Khotimah Gede Bage

Azwar, Ary Yanuardy (2013) Metode bimbingan Islam bagi lanjut usia dalam meningkatkan kualitas ibadah di Panti Sosial Tresna Werdha Husnul Khotimah Gede Bage. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)

Abstract

Permasalahan penyandang masalah kesejahteraan sosial semakin lama kian meningkat. Banyak yang menjadi penyebab mengapa semua itu bisa terjadi. Masalah PMKS memang sangat beragam mulai dari anak jalanan, pemulung, PSK, dan lanjut usia terlantar. Sungguh sangat memperhatinkan bila hal tersebut semakin lama kian meningkat. Salah satunya adalah permasalahan lansia. Yang mana lansia adalah orang tua dan fisiknya pun sudah mulai menurun. Perlu adanya perhatian yang lebih kepada mereka. Untuk itu tepat sekali jika pemerintah menyediakan tempat bagi golongan-golongan lansia terlantar. Pada masa lansia perlu adanya kekuatan yang lebih dalam meningkatkan kualitas ibadah. Karena ketika tua seseorang akan mulai memikirkan masa depannya di akhirat nanti. Seperti yang telah dilakukan oleh salah satu Panti Sosial Tresna Werdha Husnul Khotimah yang terletak di Jl. Gede Bage no.17 Bandung. Panti sosial lanjut usia ini telah memberikan bimbingan Islam kepada lansia dengan metode yang secara khusus diberikan oleh pihak panti yang berupa memberikan jalan yang dapat mempermudah lansia untuk bisa meningkatkan kualitas ibadahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang proses pelaksanaan bimbingan Islam bagi lansia dalam meningkatkan kualitas ibadah dan metode-metode yang digunakan pada pelaksanaan bimbingan Islam bagi lansia dalam meningkatkan kualitas ibadahnya. Dimana bimbingan merupakan suatu proses pemberian bantuan kepada individu yang dilakukan secara berkesinambungan supaya individu dapat memahami dirinya dan lingkungannya, dalam hal ini informan terdiri dari 3 pembimbing dan lansia. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun pengumpulan data penelitiannya dilakukan dengan wawancara dan observasi yang diperoleh langsung dari sasaran penelitian berupa catatan, rekaman, dan data-data dari sumber yang terkait dengan penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode bimbingan Islam yang diberikan kepada lansia dalam meningkatkan kualitas ibadahnya, yaitu dengan metode individu, kelompok, psikoanalisis, majlis ta’lim, peragaan, spiritual night care sangat tepat. Dalam hal ini berarti dapat dikatakan bahwa pelaksanaan bimbingan Islam cukup baik dan lancar serta berdampak positif bagi lansia. Dan memang untuk meningkatkan kualitas ibadah lansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; lanjut usia; kualitas ibadah;
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Ibadah
Social Welfare, Problems and Services > Services to Persons in Late Adulthood
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2016 07:15
Last Modified: 22 Apr 2019 03:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item View Item