Penggunaan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Perkembangan Teori Atom” (Penelitian Quasi Eksperimen pada Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Cisolok)

Nuralamsah, Nuralamsah (1209207059) (2013) Penggunaan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Perkembangan Teori Atom” (Penelitian Quasi Eksperimen pada Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Cisolok). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena guru kurang memanfaatkan media berbasis komputer khususnya aplikasi Macromedia Flash dan penguasaan konsep siswa yang masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka digunakan Macromedia Flash dengan tujuan untuk melihat pengaruh penggunaan Macromedia Flash terhadap penguasaan konsep siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan pembelajaran yang menggunakan Macromedia Flash pada materi perkembangan teori atom di SMA Negeri 1 Cisolok. (2) penguasaan konsep siswa dengan menggunakan Macromedia Flash pada materi Perkembangan Teori Atom di SMA Negeri 1 Cisolok. (3) tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan Macromedia Flash pada materi Perkembangan Teori Atom di SMA Negeri 1 Cisolok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperiment. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Cisolok Kabupaten Sukabumi dengan sampel sebanyak 36 yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data keterlaksanaan penggunaan Macromedia Flash diperoleh dari lembar aktivitas guru dan siswa, peningkatan penguasaan konsep siswa diperoleh dari pretest-posttest dengan tes berbentuk pilihan ganda, sedangkan tanggapan siswa diperoleh dari angket. Berdasarkan hasil pengolahan data lembar keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa, output Paired Samples Test melalui SPSS 17.0 for Windows, serta pengolahan data angket tanggapan siswa, maka diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat peningkatan pada tiap pertemuan keterlaksanaan aktivitas siswa dan guru selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan Macromedia Flash dengan rata-rata keterlaksanaan 91,68%. Nilai ini termasuk dalam kategori sangat baik. (2) Terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa yang signifikan setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan Macromedia Flash. Besarnya peningkatan penguasaan konsep rata-rata yang ditunjukkan oleh indeks normal gain adalah sebesar 0,59. Nilai ini termasuk dalam kategori sedang. (3) Rata-rata tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan Macromedia Flash sebesar 85,55 % yang artinya hampir seluruh siswa memberikan respon yang positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash; penguasaan konsep; perkembangan teori atom
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Modern Physics > Atomic and Nuclear Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 15 Mar 2016 02:16
Last Modified: 15 Mar 2016 11:06
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/841

Actions (login required)

View Item View Item