Model Mastery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis (Penelitian Quasi Experimen di Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Jalancagak Subang)

Siti Maemunah, Siti (120 920 7075) (2013) Model Mastery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis (Penelitian Quasi Experimen di Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Jalancagak Subang). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
3_bab1.pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB)
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Pemahaman konsep berarti proses penyerapan untuk memahami ide atau pengertian-pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa yang kongkret. Namun hal ini tidak temukan di kelas XI IPA 1 SMAN 1 Jalancagak Subang, kurangnya pemahaman siswa tentang konsep, kurangnya pengetahuan matematis, kurang memahami aplikasi fisika dalam kehidupan sehari-hari sehingga pembelajarannya tidak maksimal. Selain hal tersebut, partisipasi siswa dalam aktivitas pembelajaran di kelas rendah, dan siswa merasa jenuh dengan model atau metode pembelajaran sehingga tidak berkesan dan mudah lupa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang tepat dan berorientasi pada siswa serta membina seluruh potensi siswa sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep yaitu dengan menerapkan model mastery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keterlaksanaan model mastery learning, untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa setelah proses pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experimental) dengan Time series Design. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 1 SMAN 1 Jalancagak Subang. Teknik penarikan sampelnya menggunakan simple random sampling dan yang dijadikan sampel adalah kelas XI IPA 1. Hasil penelitian tiga kali pertemuan menunjukan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata keterlaksanaan 96,52%, kategori sangat baik dan aktivitas guru dengan rata-rata keterlaksanaan 98,25%, kategori sangat baik. Peningkatan pemahaman konsep siswa yang signifikan setelah diterapkannya model mastery learning sesuai dengan hasil uji signifikansi yang menunjukan Zhitung(4.79)< Ztabel (1,65). Besarnya peningkatan pemahaman konsep siswa yang ditunjukkan oleh indeks normal gain adalah sebesar 0,67 termasuk kategori sedang. Dengan demikian model mastery learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi fluida statis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Mastery Learning, Pemahaman Konsep siswa, Fluida Statis.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Fluid Mechanics, Liquid Mechanics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 15 Mar 2016 02:29
Last Modified: 15 Mar 2016 11:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item