Penerapan Permainan Modifikasi Ular Tangga Fisika dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Alat-Alat Optik

Mala Hayati Rahmah, Mala (1209207045) (2013) Penerapan Permainan Modifikasi Ular Tangga Fisika dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Alat-Alat Optik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Berdasarkan observasi pendahuluan di MTs Putri PUI Talaga, terdapat fakta bahwa hasil tes keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fisika tergolong masih sangat rendah. Permasalahannya adalah proses pembelajaran yang kurang interaktif. Siswa tidak ikut terlibat sepenuhnya dalam proses pembelajaran dan siswa hanya menerima materi dari guru tanpa adanya diskusi baik antar siswa ataupun siswa dengan guru, sehingga siswa sukar untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat. Permasalahan lainnya disebabkan karena guru sangat jarang menggunakan media pembelajaran yang bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas interaksi peserta didik. Sementara itu, proses pembelajaran yang interaktif mampu merangsang keterampilan berpikir kritis peserta didik. Salah satu media yang dapat merangsang proses pembelajaran agar lebih interaktif sehingga bisa meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah dengan menggunakan permainan modifikasi ular tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan permainan modifikasi ular tangga pada materi Alat-Alat Optik serta untuk mengetahui pengaruh permainan modifikasi ular tangga dalam pembelajaran terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pra eksperimen, dengan sampel sebanyak 20 siswa dan menggunakan teknik simple random sampling. Data keterlaksanaan aktivitas pembelajaran diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dilengkapi hasil tes keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan tes tertulis dalam bentuk uraian. Setelah dilakukan perhitungan hasil pretest dan posttest diperoleh data rata-rata presentase peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dalam kategori sedang dengan rata-rata n-gain siswa sebesar 0,33. Selain itu, diperoleh juga harga zhitung (9,22) > ztabel (1,66), dengan , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang signifikan pada materi alat-alat optik setelah diterapkannya media permainan modifikasi ular tangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Permainan Modifikasi Ular Tangga, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Alat-Alat Optik.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Applied Physics > Fiber Optics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 15 Mar 2016 02:56
Last Modified: 15 Mar 2016 11:11
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/845

Actions (login required)

View Item View Item