Penggunaan media pembelajaran Video untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi Kalor: Penelitian Pre-Experimental Design di Kelas X MAN Surade

Marlina, Lina (2013) Penggunaan media pembelajaran Video untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi Kalor: Penelitian Pre-Experimental Design di Kelas X MAN Surade. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari observasi dan wawancara dengan guru fisika MAN Surade, diperoleh temuan masih jarangnya penggunaan media pembelajaran yang menyebabkan siswa jenuh dan kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran, sehingga berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa masih tergolong rendah. Salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat membuat siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan menyenangkan, nyaman, fokus, konsentrasi, dan aktif pada materi yang sedang dipelajarinya, sehingga siswa dapat memiliki penguasaan konsep yang baik adalah dengan menggunakan media pembelajaran video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan media pembelajaran video dan peningkatan penguasaan konsep siswa dengan penggunaan media pembelajaran video. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental design dengan desain one group pretes postes. Penelitian ini dilakukan di kelas X MAN Surade. Teknik penarikan sampelnya menggunakan simple random sampling dengan cara undian dan terpilih sebagai sampel adalah kelas X-4. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan media video dan tes penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterlaksanaan media video setiap pertemuan meningkat dengan rata-rata keterlaksanaan 97,22% untuk aktivitas guru dan 95,00% untuk aktivitas siswa. Nilai rata-rata pretes siswa sebesar 39,84 meningkat pada saat postes menjadi 73,06. Hasil perhitungan dengan uji wilcoxon macth pair test menunjukan bahwa penguasaan konsep siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkannya media pembelajaran video dengan zhitung (4,86) > ztabel (1,65). Besarnya peningkatan penguasaan konsep rata-rata yang ditunjukkan oleh indeks normal gain adalah sebesar 0,56 dengan ketegori sedang. Dengan demikian media pembelajaran video dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Video; Siswa; Materi Kalor
Subjects: Special Computer Methods > Digital Video
Education, Research
Heat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2016 03:47
Last Modified: 23 Jul 2019 02:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item View Item