Perbandingan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Antara yang Menggunakan Pertanyaan Terbuka dan Tertutup dalam Praktikum pada Sub Materi Pokok Listrik Dinamis. (Penelitian Pre Eksperimen di SMAN 3 Garut)

Umi Nurarfah, Umi (2013) Perbandingan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Antara yang Menggunakan Pertanyaan Terbuka dan Tertutup dalam Praktikum pada Sub Materi Pokok Listrik Dinamis. (Penelitian Pre Eksperimen di SMAN 3 Garut). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan metode praktikum menggunakan pertanyaan terbuka dan tertutup, mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan metode praktikum menggunakan pertanyaan terbuka dan pertanyaan terututup serta mengetahui ada tidaknya perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan metode praktikum menggunakan pertanyaan terbuka dan pertanyaan terututup. Data mengenai keterlaksanaan pembelajaran dperoleh melalui lembar observasi, sementara data mengenai keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh melalui posttest.Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3 Garut dengan menggunakan kelas X-4 sebagai kelas eksperimen I yaitu menggunakan pertanyaan terbuka dan kelas X-5 sebagai kelas eksperimen II yaitu menggunakan pertanyaan tertutup. Aktivitas guru pada kelas eksperimen I terlaksana dengan sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan 92,36% dan dari observasi keterlaksaan aktivitas siswa diperoleh rata-rata 81,38% dengan kategori baik. Aktivitas guru pada kelas eksperimen II terlaksana dengan sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan 94,21% dan dari observasi keterlaksaan aktivitas siswa diperoleh rata-rata 82,77% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil posttest dari kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata 68,90 sementara dari kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata 63,73. Berdasarkan hasil uji hipotesis “t” diketahui bahwa thitung =2,25 dan nilai ttabel=1,671 sehingga ketentuan -ttabel < thitung < ttabel tidak terpenuhi, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan adanya perbedaan antara keterampilan berpikir kritis siswa antara yang menggunakan pertanyaan terbuka dengan yang menggunakan pertanyaan tertutup dalam praktikum pada sub materi pokok listrik dinamis di SMAN 3 Garut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pertanyaan Terbuka, Pertanyaan Tertutup, Praktikum, Listrik Dinamis, Keterampilan Berpikir Kritis.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Electricity
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 15 Mar 2016 04:19
Last Modified: 02 Jun 2016 10:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item View Item