Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya

Abdul Aziz, Abdul (1210 207 002) (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, kemampuan pemecahan masalah siswa perlu ditingkatkan di MTsN Cisewu. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya kemampuan pemecahan masalah (KPM) pada siswa. Oleh sebab itu perlu adanya upaya dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, khususnya pada mata pelajaran Fisika materi wujud zat dan perubahannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Keterlaksanaan pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table pada materi wujud zat dan perubahannya dan peningkatan KPM siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table pada materi wujud zat dan perubahannya. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Data mengenai keterlaksanaan model round table diperoleh melalui lembar observasi guru dan siswa, sedangkan data peningkatan KPM siswa diperoleh melalui tes soal esai sebanyak lima soal. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukan aktivitas guru dan siswa selama menggunakan model pembelajaran round table mengalami peningkatan dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 97,3% dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa sebesar 92,4% dengan kategori sangat baik. KPM siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 0,62 yang termasuk kedalam kategori sedang. Dengan demikian model pembelajaran round table dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan KPM siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: round table, kemampuan pemecahan masalah (KPM), wujud zat dan perubahannya
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Physics > States of Matter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 15 Mar 2016 07:55
Last Modified: 15 Mar 2016 10:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/862

Actions (login required)

View Item View Item